Randy Arie, Bastian (2014) PERANCANGAN MODA AIR PERAHU PENYEBERANGAN SEBAGAI TRANSPORTASI AIR : STUDI KASUS SUNGAI KALIMAS, SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
Kondisi perahu penyeberangan sungai kalimas yang sudah tidak layak adalah dasar pemikiran perancangan sebuah perahu penyeberangan di sungai kalimas. Perahu ini difungsikan sebagai satu satunya sarana penyeberangan yang mempersingkat jarak yang jauh jika melewati jembatan. Fungsi utama perahu yang digunakan sebagai sarana penyeberangan ini mengharuskan dalam merancang perahu ini harus dibuat seaman mungkin dan memuat lebih banyak penumpang. Oleh karena itu perahu ini dirancang agar memungkinkan un tuk memuat lebih banyak penumpang. Selain itu faktor keamanan penumpang harus sangat diperhatikan, supaya perahu penyeberangan sungai kalimas yang saat ini dianggap kurang layak bisa dihilangkan. Penyeberangan di sungai kalimas dapat ditentukan dengan metode optimasi ukuran utama dari beberapa lambung perahu dimana pada proses tersebut dilakukan pula analisa teknis dan ekonomis perahu penyeberangan. Dari data ukuran utama perahu pembanding bisa didapatkan ukuran utama perahu. Setelah ukuran utama didapatkan maka analisa kelayakan lambung bisa didapatkan dari software pendukung perancangan perahu. Ukuran utama yang dihasilkan dari perhitungan adalah Loa: 9.3 m, B: 2.5 m, H: 0.98 m, T: 0.46 m. Sementara kapasitas penumpangnya bertambah menjadi 20 orang. perahu penyebrangan ini tidak menggunakan tenaga penggerak diesel melainkan tenaga manusia yang memakai tali atau lebih umumnya perahu eret. Oleh karena itu perahu ini dirancang tidak memakai penggerak. Kata kunci : Penyeberangan,perahu,sungai Kalimas river boat crossing condition is not feasible is the rationale for the design of a boat crossing the river Kalimas. This boat functioned as the only means of crossing that shorten distances when crossing the bridge. The main functions of the boat which is used as a means of crossing is required in designing this boat should be made as safe as possible and carry more passengers. Therefore, this boat is designed to allow passengers to load more. In addition, passenger safety factor should be kept, so that the boat crossing the river Kalimas are currently considered less worthy can be eliminated. River crossings in Kalimas can be determined by the size of the optimization method main of some hull boat where the process is also conducted technical analysis and economical boat crossing. The main measure of the data can be obtained comparable size boats main boat. Once obtained, the main measure of gastric feasibility analysis can be obtained from the design of software supporting boats. Primary measure resulting from the calculation is Loa: 9.3 m, B: 2.5 m, H: 0.98 m, T: 0.46 m. While the increased passenger capacity. The boat crossing is not using diesel propulsion but manpower for the rope or more generally eret boat. Therefore, this boat is designed not wear mover.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 03:20 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 03:20 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/49 |
Actions (login required)
View Item |