STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI SUDUT KEMIRINGAN TRAILLING EDGE PADA AIRFOIL NACA 0018 TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN DARRIEUS TIPE-H

Kurniawan, Alief Yusron (2022) STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI SUDUT KEMIRINGAN TRAILLING EDGE PADA AIRFOIL NACA 0018 TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN DARRIEUS TIPE-H. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040030 - Alief Yusron Kurniawan - Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan i Trailling Edge _i pada i Airfoil _i Naca 0018 terhadap Kinerja Turbin Angin Darrieus Tipe-H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Energi angin merupakan energi alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi penggunaan energi fosil. Turbin angin Darrieus merupakan salah satu solusi agar energi angin dapat diubah menjadi energi listrik. Tetapi, turbin tersebut masih memiliki banyak kekurangan dan kurangnya efektifitas. Pada penelitian sebelumnya, dengan adanya sudut miring pada trailling edge pada sudu telah terbukti dapat meningkatkan performa turbin tersebut. Tetapi peningkatan tersebut belum optimal. Karena itu, studi eksperimen dilakukan lagi dengan variasi sudut kemiringan trailling edge pada sudu turbin Darrieus tipe H. Eksperimen ini diharapkan dapat meningkatkan performa turbin tersebut. Eksperimennya menggunakan turbin angin Darrieus konvensional dengan variasi sudut kemiringan trailling edge pada sudu turbin yang berdiameter 40 cm dan tinggi 50 cm. Lalu variasi sudut kemiringan pada trailling edge nya sebesar 3°,5°,7°, dan 9°. Pengujiannya menggunakan variasi kecepatan angin 5 m/s; 6 m/s; dan 7 m/s yang pengujiannya dilakukan sebanyak 12 eksperimen terhadap 4 variasi sudut kemiringan trailling edge dan 3 variasi kecepatan angin. Untuk mengetahui juga pengaruh variasi sudut kemiringan trailling edge pada sudu turbin terhadap coefficient of power (Cp) dan coefficient of torque (Ct). Hasil akhirnya menunjukkan peningkatan performa terbaik turbin angin Darrieus terjadi pada variasi sudut kemiringan trailling edge 5° pada kecepatan angin 5 m/s. Peningkatan coefficient of torque (Ct) nya sebesar 8,33% dan coefficient of power (Cp) sebesar 48,1% terhadap turbin Darrieus konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NO. INVENTARIS : 6494/D4ME-17/2022 LOKASI TA : 732
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Trailling edge, Turbin Angin Darrieus, Coefficient of torque (Ct), Coefficient of Power (Cp)
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:55
Last Modified: 05 Jan 2023 01:55
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item