ANALISIS RESPON GETARAN PADA INTERMEDIATE SHAFT MESIN INDUK KAPAL GENERAL CARGO

Yuga, Pradipta Kalpita (2022) ANALISIS RESPON GETARAN PADA INTERMEDIATE SHAFT MESIN INDUK KAPAL GENERAL CARGO. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0318040031 - Pradipta Kalpita Yuga - Analisis Respon Getaran pada i Intermediate Shaft _i Mesin Induk Kapal i General Cargo _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketidaksejajaran adalah kondisi dari poros penggerak tidak lurus dengan poros yang digerakkan, salah satunya pada sistem penggerak pada mesin induk. Di dalam sistem ini terdapat intermediate shaft yang terletak di antara main engine dan shaft propeller Ketidaksejajaran ini menimbulkan getaran pada intermediate shaft. Pada Tugas Akhir ini dilakukan analisis respon getaran menggunakan rekayasa komputasi numerik melalui pendekatan model matematis. Analisis dimulai dengan mengumpulkan data nilai misalignment, momen inersia, koefisien stiffness, dan inersia massa polar. Data tersebut diolah untuk didapatkan nilai frekuensi untuk mengetahui terjadinya resonansi serta respon getaran yang disesuaikan dengan aturan sandar klas. Dari hasil pemodelan, frekuensi natural yang terjadi pada kondisi ideal θ 1 adalah 0,145733021 rad/s dan pada θ 2 adalah 3,80571687 rad/s pada kondisi offset θ 1 adalah 3,805716916 rad/s dan θ 2 adalah 0,146 rad/s. Untuk frekuensi eksitasi sesuai dengan putaran mesin yaitu 21,6769 rad/s. Jika dibandingkan antara frekuensi eksitasi dengan frekuensi natural kedua kondisi, dapat disimpulkan tidak terjadi resonansi. Nilai kecepatan getaran yang dihasilkan pada kondisi ideal adalah 6,0928 × 10 −12 rad/s dan 7,01095 × 10 rad/s sedangkan pada kondisi offset adalah 6,02033 × 10 ix −12 −12 rad/s dan 7,00946 × 10 rad/s. Jika kecepatan dan frekuensi yang terjadi disesuaikan dengan standar ABS getaran yang terjadi berada di bawah ambang batas getaran, maka getaran masih diijinkan. Dan menurut standar ISO kecepatan yang dihasilkan sebesar 7,46378 × 10 −10 mm.s dan 6 × 10 −9 mm/s berada diwilayah satisfactory.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NO. INVENTARIS : 6465/D4ME-18/2022 LOKASI TA : 703
Uncontrolled Keywords: Misalignment, stiffness, Resonansi, Kecepatan, Vibration limit
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:27
Last Modified: 04 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item