Alvian Arief, Perdana (2014) ANALISA KETIDAKTEPATAN DRAFT MARK PADA KAPAL FERRI BANGUNAN BARU 5000 GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pembangunan sebuah kapal, tanda sarat (draft mark) merupakan sebagian hal penting dalam kapal, semua kapal memiliki rancangan tanda di wilayah depan, belakang dan tengah (midship). Tanda ini digunakan untuk memverifikasi draft kapal dalam kondisi pembebanan apapun. Oleh karena itu pemasangan tanda sarat ini perlu dilakukan pengecekan berulang ulang karena mengingat guna tanda sarat ini sangatlah penting. Dalam penelitian pada kapal bangunan baru Ferry 5000 GT, ditemukan ketidaktepatan pemasangan tanda sarat antara side board dan port side. Ketentuan yang diberlakukan oleh class bahwa tanda sarat tidak boleh melebihi jarak yang telah ditentukan antar tanda sarat tersebut. Dampak yang terjadi ketika tanda sarat tersebut tidak tepat/selisih maka kemungkinan besar kapal akan mengalami kemiringan yang disebabkan oleh muatan yang berlebihan pada salah satu sisi kapal karena kesalahan dalam pembacaan sarat kapal yang tercelup air. Selain itu, dilakukan pengamatan langsung terhadap kapal ferri 5000 GT yang sedang dibangun. Disamping melakukan pengamatan langsung, penelitian ini juga dilakukan pengumpulan data dan diambilah hipotesa. Faktor yang berpengaruh terhadap pemasangan draft mark kali ini adalah human eror atau kesalahan manusia dalam peletakan titik nol di dinding graving dock. Adapun pengaruh yang disebabkan dari ketidaktepatan tersebut adalah stabilitas kapal serta draught survey. Kata kunci : Kapal Ferri, Ketidaktepatan, Draft Mark In the construction of a ship, laden sign (draft mark) is most important thing in the ship, all ships have a draft sign in the front area, rear and center (midship). This sign is used to verify the draft vessels in any loading condition. Therefore, the full installation of the sign need to be checked over and over aagin because given full marks for this is very important. In a study on a new building vessels Ferry 5000 GT, found inaccuracies loaded mounting signs the side board and the port side. Provisions imposed by the class that loaded the sign shall not exceed a predetermined distance between the full mark. The impact that occurs when the sign is not exactly loaded / difference then most likely the ship will have a slope that is caused by excessive load on one side of the ship due to an error in the reading of the submerged vessel laden water. In addition, direct observation of the ferry 5000 GT ship is being built Besides direct observation, this study also conducted data collection and put hypothesis. Factors that affect the installation of draft mark this time was human error or human error in the zero point on the wall laying graving dock. The effect resulting from the inaccuracy is the stability of the ship as well as the draft survey. Keywords: Ship Ferri, inaccuracy , Draft Mark
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 02:41 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 02:41 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/44 |
Actions (login required)
View Item |