OPTIMALISASI BIAYA REPLATING DALAM PROSES REPARASI STARBOARD SIDE PADA KMP. DHARMA KARTIKA VIII

Rahmat, Rico Faizzatur (2022) OPTIMALISASI BIAYA REPLATING DALAM PROSES REPARASI STARBOARD SIDE PADA KMP. DHARMA KARTIKA VIII. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0219030013 - Rico Faizzatur Rahmat - Optimalisasi Biaya i Replating _i Dalam Proses Reparasi i Starboard Side _i pada KMP. Dharma Kartika VIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada pengoperasiannya, kapal dengan material baja tidak dapat terhindar dari korosi meskipun telah diberikan perlindungan berupa cat anti korosi dan zinc anoda. Kondisi air laut yang korosif dan bersifat merusak, membuat kapal yang selalu berhubungan dengan laut menjadi mudah rusak. Korosi pelat lambung kapal terjadi dengan kecepatan atau laju yang berbeda-beda, sehingga hanya sebagian pelat saja yang dilakukan penggantian pada proses replating. Akibat adanya problematika tersebut, menjadikan teknik reparasi sangat diperlukan. Mengingat betapa mahalnya spare part yang tersedia jika harus mengganti yang baru. Perencanaan reparasi kapal memiliki aspek-aspek yang harus diperhatikan, yaitu kebutuhan material, biaya proses replating, dan perencanaan jam orang. Dalam perencanaannya dapat dilihat dari segi tenaga kerja dan waktu pekerjaan. Dari tenaga kerja dan waktu tersebut dapat diperkirakan kebutuhan jam orang dalam reparasi kapal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mengurangi adanya kendala baik dari mesin ataupun schedule. Sehingga pada tugas akhir ini, penulis melakukan analisis kebutuhan material, biaya replating, dan perencanaan jam orang dalam proses reparasi lambung kapal untuk meminimalisir kerugian dan keterlambatan pekerjaan dalam proses reparasi di PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia dengan mengangkat studi kasus KMP. Dharma Kartika VIII. Hasil analisis dari tugas akhir ini dapat menunjukkan kebutuhan material, biaya replating, dan jam orang yang dibutuhkan dalam proses reparasi starboard side pada KMP. Dharma Kartika VIII. Dalam tugas akhir ini tujuannya supaya proyek tersebut tidak mengalami kerugian keterlambatan reparasi kapal. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan dengan rumus jam orang dan kebutuhan material. Didapatkan hasil 4752 kg kebutuhan pelat, 1120 JO, Rp 104.155.000,- total biaya kegiatan dengan optimalisasi biaya menyentuh angka perbandingan 1,26.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris :6389/SB-19/2022 Lokasi TA : 357
Uncontrolled Keywords: Kapal Motor Penumpang, Replating, Material, Jam Orang
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Perbaikan Kapal (Ship Repair)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:02
Last Modified: 21 Nov 2022 07:02
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item View Item