Yusuf, Mochamad (2022) ANALISIS KEKUATAN MEMANJANG KONSTRUKSI KAPAL FLOATING LOAD FACILITY (FLF) X AKIBAT PENAMBAHAN PANJANG. Diploma thesis, p.
Text
0119030022 - Mochamad Yusuf - Analisis Kekuatan Memanjang Kontruksi Kapal i Floating Load Facility _i (FLF) X Akibat Penambahan Panjang.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kapal Floating Load Facility (FLF) merupakan kapal tongkang alat angkut pada pelaksanaannya mengalami variasi berat dari muatan yang diletakkan pada geladaknya, terutama deck sebagai dudukan untuk pergerakan backhoe. Deck tersebut dimodifikasi untuk menambah panjang sehingga diperlukan analisis mengenai kekuatan struktur, mengingat sebagian besar proses bongkar muat batubara berlangsung di deck tersebut, sehingga keamanan strukturnya sangat penting. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keamanan pada deck tongkang tersebut, dengan menganalisis nilai tegangan maksimal, deformasi maksimal, dan safety factor. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software AutoCAD dan Ansys 19.2. Analisis dilakukan dengan memberikan variasi pembebanan secara merata yaitu beban backhoe saat tidak beroperasi dan beban backhoe saat sedang beroperasi. Hasil simulasi dan perhitungan dibandingkan dengan hasil perhitungan berdasarkan regulasi Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Dari perhitungan struktur secara manual diperoleh nilai modulus penampang pada deck sebesar 13,29 m3 dan bottom sebesar 14,26 m3, sedangkan nilai inersia sebesar 41,27 m4. Meninjau hasil simulasi, akibat adanya beban saat tidak beroperasi sebesar 1.570.090,5 N didapatkan tegangan maksimal 24.350.000 N/m2, defleksi maksimal 61,5 mm, dan safety factor 7,8. Adapun akibat adanya beban saat sedang beroperasi sebesar 1.646.914,6 N didapatkan tegangan maksimal 27.420.000 N/m2, defleksi maksimal 69,4 mm, dan safety factor 6,9.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 6337/D3DC-19/2022 Lokasi TA : 609 |
Uncontrolled Keywords: | kekuatan deck, tegangan maksimum, defleksi maksimum, safety factor, metode elemen hingga |
Subjects: | DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 08:04 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:04 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4276 |
Actions (login required)
View Item |