ANALISIS HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT (HRA) OPERATOR NAVIGASI DAN KOMUNIKASI KAPAL DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART)

Indah Luthfiatulathifah, Indah (2022) ANALISIS HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT (HRA) OPERATOR NAVIGASI DAN KOMUNIKASI KAPAL DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0518140077 - Indah Luthfiatulathifah - Analisis (i)Human Reliability Assessment(_i) (HRA) Operator Navigasi dan Komunikasi Kapal Dengan Metode (i)Human error Assessment and Reduction Technique(_i) (HEART).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data KNKT dalam kurun waktu 2015 – 2019 tercatat 76 kasus kecelakaan kapal. KNKT menilai 90% kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh human error. Dalam laporan final KNKT.18.07.26.03 terjadi tubrukan kapal dikarenakan komunikasi yang dilakukan menggunakan VHF radio tidak mendapat respon, sedangkan pada radar menunjukkkan bahwa terdapat objek di haluan. VHF dan Radar merupakan peralatan navigasi kapal, selain itu terdapat beberapa alat navigasi dan teknik yang digunakan menunjang keselamatan pengoperasian pada kapal, seperti AIS (Automatic Identification System, GMDSS, SART, SSAS, Inmarsat, Autopilot, Gyro compass. Namun dalam pengoperasiannya masih terdapat banyak kesalahan yang terjadi baik kesalahan teknis maupun human error. Pada penilitian ini dilakukan analisis terhadap HRA pada operator navigasi dan komunikasi kapal. Metode analisis yang akan digunakan fokus pada metode Human Error Assessment and Reduction Technique. Metode HEART adalah teknik yang digunakan dalam bidang penilaian keandalan manusia (HRA), dengan tujuan untuk evaluasi probabilitas terjadinya human error selama penyelesaian Task yang spesifik. Metode HEART telah digunakan secara luas di industry nuklir Inggris, dan juga di sebagian besar industry lainnya seperti industry kimia, aviasi, kereta api, medis dan lainnya. (Bell & Holroyd, 2009). Hasil perhitungan HEP dengan menggunakan metode HEART nilai probabilitas terbesar ada pada pengunaan alat navigasi radio telegraph dan radio telephone untuk memancarkan signal bahaya serta meletakkan siaran pada DSC dengan menggunakan VHF/MF/DSC bernilai sebesar 29, 8981. Untuk analisis konsekuensi dan menentukan pola kombinasi human error dan kegagalan alat digunakan metode ETA. Hasil analisis menggunakan ETA menunjukkan bahwa terdapat keterkaiatan antara kegagalan / kesalahan teknis dengan human error yang terjadi dan saling mempengaruhi terhadap terjadinya kecelekaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6306/K3-18/2022
Uncontrolled Keywords: ETA, HEART, HRA, Human Error Probability, NAVCOM
Subjects: K3 - Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja > Perilaku K3 (Behavior Based Safety)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan kerja
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:47
Last Modified: 03 Jun 2022 06:47
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4195

Actions (login required)

View Item View Item