ANALISA PENGARUH VARIASI TIMING FUEL INJECTION PUMP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MESIN MITSUBHISI PS 120

Surya Rachmat Karama, Jaya (2014) ANALISA PENGARUH VARIASI TIMING FUEL INJECTION PUMP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MESIN MITSUBHISI PS 120. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mesin diesel merupakan sistem penggerak utama yang banyak digunakan baik untuk sistem transportasi maupun alat penggerak atau pembangkit, dikenal sebagai jenis motor bakar yang mempunyai efisiensi tinggi. Pada mesin diesel Mitsubhisi PS 120 emisi gas buang yang dihasilkan tinggi dan asap tersebut berwarna hitam sehingga dapat mengurangi kinerja mesin. Hal ini dikarenakan mesin yang sudah lama tidak terpakai. Pada tugas akhir ini akan dibuat analisa mengenai pengaruh waktu penyalaan pembakaran dengan memvariasikan timing fuel injection pump pada mesin diesel Mitsubhisi PS 120 dengan operasi bahan bakar menggunakan biosolar. Pengujian dilakukan pada putaran 1000, 1500, 2000 dan variasi derajat pembebanan pompa bahan bakar yaitu -5˚,0 ˚,5 ˚. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) terendah yaitu dengan variasi timing -5˚ dengan putaran 1000 rpm sebesar 0,0174 kg/menit, sedangkan Air Fuel Ratio (CO2) terendah yaitu pada timing -5˚ dengan putaran 2000 rpm sebesar 9,44. Dengan menggunakan derajat pembebanan pompa bahan bakar pada -5 ˚ maka konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan menjadi rendah. Kata kunci: Unjuk kerja mesin, diesel, derajat pompa bahan bakar, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang, biosolar ABSTRACT The diesel engine is the main drive system that is widely used for both transportation systems as well as the driving tool or generator. Known as the type of internal combustion engines which have high efficiency. At Mitsubhisi PS 120 diesel engine exhaust emissions which are high and black smoke that can reduce engine performance. This is because the machine is long unused. On this final assignment will be made for analysis about the influence of the combustion ignition timing by varying the timing of fuel injection pump in diesel engine Mitsubhisi PS 120 with operation fuel use biosolar. Testing is done at the 1000, 1500, 2000 and variations in the degree of loading the fuel pump that is -5˚,0 ˚,5. The results showed that specific fuel consumption (SFC) of the lowest i.e. with variations of timing -5 ˚ with rounds of 0,0174 rpm 1000 kg/min, while the Air Fuel Ratio (CO2) the lowest is on timing-5 ˚ with round 2000 rpm of 9.44. By using the degree of loading fuel pump on-5 ˚ then fuel consumption and exhaust emissions are generated to be low. Keywords: Engine performance, diesel, timing fuel injection pump, specific fuel consumption, emission test, biosolar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2018 02:18
Last Modified: 24 Aug 2018 02:18
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item