Yudowirawan, Saktio (2015) PERHITUNGAN FATIGUE LIFE PADA CRUSSIFORM FILLET WELD SIDE GIRDER KAPAL AKIBAT MISALIGNMENT MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Konstruksi lambung kapal menggunakan metode konstruksi pengelasan yang ada pada umumnya di lakukan dengan membagi beberapa bagian (blok). Secara garis besar, pengerjaan kapal baru di bagi dalam beberapa tahap yaitu : Fabrication, Sub Assembly, Assembly, dan Erection (penyambungan blok). Di bidang pembangunan perkapalan, mekanik, kimia industri akan mengalami beban berulang (cyclic load). Dalam posisi tersebut akan jauh lebih sensitif saat mengalami terjadinya Fatigue. Pada pembuatan kapal tanker pertamina yang di buat di PT. PAL di temukan suatu permasalahan yaitu barang ce pat rusak. Hal ini di sebabkan oleh adanya momen aksial pada misalignment yang di sebabkan oleh kesalahan fabrikasi dan distorsi pengelasan. Salah satu cara untuk melihat seberapa tangguh suatu material yang di berikan dengan statis, hal ini dapat di rencanakan di ANSYS. Setelah di lakukan running pada ANSYS di dapatkan hasil stress maksimum terbesar pada plat misalignment 6 mm pada pembebanan 16Kgf/mm2 sebesar 260.47 MPa dengan umur paling singkat selama 4.38 tahun. Dan hasil stress maksimum terkecil terdapat pada plat alignment sebesar 153.2 MPa dengan umur paling panjang selama 29.59 tahun. Kata-kata kunci : beban pada kapal, mean stress, stress range, stress amplitude, stress ratABSTRACT Construction hull using welding construction method that is generally done by dividing some parts (blocks). Broadly speaking, the construction of new vessel into several phases: fabrication, sub assembly, assembly, erection. In the field of ship building, mechanical, chemical industry will experience reparted load (cyclic load). Inthat position will be much more sensitive when experiencing fatigue occurrence. At the build process of PT Pertamina tanker that was made in PT. PAL is found a problem that is easily damage goods. This is caused by the presence of the axial misalignment moment wich is caused by the fault of fabrication and welding distortion. One way to see how resilient a material that is provided with static, this can be planned in ANSYS. After done running mesg on ANSYS in the maximum stress get the biggest result at misalignment 6 mm plate at loading 16kgf/mm2 with a minimum age for 4.38 year. And the result are the smallest maximum stress at alignment plat of 153.2 MPa with the longest life of the plat for 29.59 years. Keywords :load on the ship, the mean stress, stress range, stress amplitude, stress ratio. The concentration of stress, ANSYS tutorialio, konsentrasi tegangan, tutorial ANSYS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 05:28 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 05:28 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/379 |
Actions (login required)
View Item |