STUDI EKSPERIMENTAL DAN NUMERIK PENENTUAN DAYA EFEKTIF KAPAL FERRY RO-RO 1500 GT

RISANDI, RIAN (2021) STUDI EKSPERIMENTAL DAN NUMERIK PENENTUAN DAYA EFEKTIF KAPAL FERRY RO-RO 1500 GT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040057 - Rian Risandi - Studi Eksperimental dan Numerik Daya Efektif Kapal Ferry RO-RO 1500 GT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prediksi power kapal dengan pengujian model mempunyai peran penting dalam tahap desain kapal. Hambatan kapal pada kecepatan operasional adalah gaya yang diperlukan untuk menarik kapal pada kecepatan tersebut di air tenang. Daya yang diperlukan untuk mencapai hambatan ini disebut daya efektif. Dalam studi ini, disajikan hasil eksperimen dan numerik kapal Ferry Ro-Ro 1500 GT, dengan panjang = 77,22 m, lebar = 14 m, draft = 3,3 m dan displasemen = 2179,18 m3, kecepatan operasinal pada 16 knot. Pengujian dilakukan di Balai Teknologi Hidrodinamika – BPPT, di Towing Tank yang berukuran besar dengan panjang 235 m, lebar 11 m dan kedalaman air 5,5 m. Model dengan skala 1:17,55 dibuat dari kayu untuk pengujian hambatan di air yang tenang. Hambatan diukur pada sembilan kecepatan, sesuai dengan angka Froude (Fr) dari 0,186 - 0,335, sesuai kecepatan kapal skala penuh pada 10 - 18 knot. Numerik dilakukan dengan Software Maxsurf. Angka hambatan total dan daya efektif kapal dibandingkan dengan hasil eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan hambatan kapal meningkat seiring dengan peningkatan kecepatan. Untuk kecepatan diatas 15 knot, daya efektif pada pengujian lebih tinggi Untuk kecepatan dibawah 15 knot daya efektif antara pengujian dan numerik perbedaanya lebih kecil. Hasil hambatan kapal dari pengujian adalah 227 kN dan 194,72 kN dari numerik pada kecepatan 16 knot. Daya efektif dari pengujian adalah 1868.21 kW dan 1602.54 kW dari numerik. Selisih hambatan kapal dan daya efektif antara pengujian dan numerik adalah 17%. Terdapat selisih hambatan dari metode simulasi Maxsurf ke Towing Tank yang di sebabkan karena perbedaan pada koefisien dan metode pendekatan hambatan pada simulasi dan pengujian model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5618/ME-17/2021 Lokasi TA : 648
Uncontrolled Keywords: Hambatan,Ferry Ro-Ro,Maxsurf, Daya Efektif, Towing Tank
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 05:26
Last Modified: 29 Dec 2021 05:26
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item