ANALISIS PENGARUH SUDUT MASUK TRIM TAB TERHADAP TAHANAN KAPAL PATROLI MENGGUNAKAN METODE CFD

AZIZAH, PHOEBE LAURENSQI BUNGA (2021) ANALISIS PENGARUH SUDUT MASUK TRIM TAB TERHADAP TAHANAN KAPAL PATROLI MENGGUNAKAN METODE CFD. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040047 - Phoebe Laurensqi Bunga Azizah - Analisis Pengaruh Sudut Masuk i Trim Tab _i Terhadap Tahanan Kapal Patroli Menggunakan Metode CFD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan kapal cepat khususnya jenis lambung tunggal (mono hull) belakangan ini mulai marak digunakan di Indonesia. Dengan meningkatnya permintaan, terdapat beberapa pengembangan terhadap kapal cepat dengan penambahan trim tab untuk membantu menjaga stabilitas dan sudut trim kapal. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa pengaruh penambahan trim tab yang berada di transom kapal patroli dengan mengatur sudut trim tab menjadi 0°, 3° dan 5° untuk memperoleh tahanan minimum. Metode yang akan digunakan dalam penentuan tahanan adalah metode CFD (Computational Fluid Dynamics). Pada kapal tanpa trim tab rata-rata tahanan total yang dialami kapal sebesar 0.004692409, untuk sudut masuk trim tab 0° rata-rata tahanan total sebesar 0.163927018, sedangkan pada sudut masuk trim tab 3° rata-rata tahanan total sebesar 0.495475356 dan pada kapal dengan sudut masuk trim tab 5° rata-rata tahanan total yang dialami kapal sebesar 0.296576805.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5609/ME-17/2021 Lokasi TA : 639
Uncontrolled Keywords: trim tab, kapal patroli, tahanan, Computational Fluid Dynamics (CFD)
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:02
Last Modified: 29 Dec 2021 03:02
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3556

Actions (login required)

View Item View Item