ANALISIS PENGARUH ALIH FUNGSI KAPAL LCT (LANDING CRAFT TANK) KE SPOB (SELF PROPELLED OIL BARGE) TERHADAP KRITERIA IMO TENTANG STABILITAS KAPAL

AMANU, RIJAL (2021) ANALISIS PENGARUH ALIH FUNGSI KAPAL LCT (LANDING CRAFT TANK) KE SPOB (SELF PROPELLED OIL BARGE) TERHADAP KRITERIA IMO TENTANG STABILITAS KAPAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0315040008 - Rijal Amanu - Analisis Pengaruh Alih Fungsi Kapal LCT ( i Landing Craft Tank _i ) ke SPOB ( i Self Propelled Oil Barge _i ) Terhadap Kriteria Imo Tentang Stabilitas Kapal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kapal Landing Craft Tank (LCT) merupakan alat transportasi yang serbaguna untuk mengangkut berbagai jenis kendaraan. Kelebihan dari LCT sendiri yaitu dapat melakukan pendaratan di pantai tanpa menggunakan dermaga. Setelah alih fungsi kapal dari LCT ke SPOB tentunya digunakan untuk mengangkut muatan yang berbeda. Sebelumnya LCT digunakan untuk mengangkut kendaraan dan alat berat. Akan tetapi setelah dirubah menjadi SPOB muatan yang dibawa adalah berjenis minyak yang tentunya memiliki massa jenis dan sifat yang berbeda dengan muatan sebelumnya. Selain itu peletakan muatan LCT dan SPOB juga berbeda. Ketika LCT mengangkut kendaraan dan juga alat berat, load diletakkan diatas geladak utama. Ketika SPOB mengangkut minyak, maka muatan akan diletakkan didalam ruang muat. Perbedaan perbedaan muatan yang dibawa, penataan letak muatan yang berbeda dan perbedaan penataan ruang muat tentu membuat stabilitas kapal juga akan berubah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan stabilitas alih fungsi kapal LCT menjadi SPOB. Stabilitas kapal didapat dengan pemodelan menggunakan maxsurf modeler dan maxsurf stability dengan 10 load case yang berbeda pada saat LCT maupun SPOB. Dari hasil penelitian, saat LCT didapatkan hasil 6 kondisi pembebanan memenuhi kriteria stabilitas dan 4 kondisi pembebanan tidak memenuhi kriteria stabilitas. Pada saat SPOB pada 10 kondisi pemembanan yang diberikan telah memenuhi kriteria sesuai dengan Intact Stability Ch. 3.1. SPOB juga dinyatakan layak beroperasi pada perairan sungai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5571/ME-15/2021 Lokasi TA : 601
Uncontrolled Keywords: LCT, SPOB, Stabilitas, Load Case, Maxsurf
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:11
Last Modified: 27 Dec 2021 01:49
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3517

Actions (login required)

View Item View Item