DESAIN SISTEM HIDROLIK UNTUK BUKA TUTUP PALKAH KAPAL KERUK TK. ISE II DI PT. INDONESIA MARINA SHIPYARD

Alfiatin, Nuriyah (2014) DESAIN SISTEM HIDROLIK UNTUK BUKA TUTUP PALKAH KAPAL KERUK TK. ISE II DI PT. INDONESIA MARINA SHIPYARD. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PT. Indonesia Marina Shipyard adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pengedokan, repair kapal, overhoule dan jasa pengerukan kapal (dredging). Untuk jasa pengerukan kapal, fasilitas yang digunakan adalah 3 buah tongkang beserta 3 buah tug boat. Sistem buka tutup tersebut 2 diantaranya dengan sistem pompa hidrolik dan yang terakhir menggunakan sistem motor listrik konvensional. Dari 2 sistem tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan pada akhirnya setelah diteliti sistem rantai dengan penggerak motor listrik mempunyai banyak kekurangan baik dari motor listrik maupun dari rantai yang digunakan. Dari permalahan yang terjadi di atas maka dilakukan perancangan system hidrolik sebagai pengganti system motor listrik konvensional. Perancangan sistem hidrolik meliputi tahapan antara lain perhitungan beban, gaya, debit, head losses dan yang terakhir didapatkan daya pompa yang dibutuhkan untuk buka tutup kapal keruk tersebut. Setelah dilakukan perhitungan maka dapat disimpulkan bahwa sistem buka tutup kapal keruk TK. ISE II menggunakan 8 aktuator dengan daya pompa sebesar 23 kW dan daya motor 29 kW. Alasan digunakan 8 aktuator adalah mengenai keseimbangan dalam pembagian gaya. Kata Kunci : Kapal Keruk , Aktuator Hidrolik, Pompa Hidrolik ABSTRACT PT. Indonesian Marina Shipyard is addressed at JL. Amak Kasim III Ds. Sidorukun - Gresik - East Java is a company in the business of docking, ship repair, overhoule and dredging. For dredging boats, which are used 3 pieces barge and 3 tug boat. Open and close sistem it 2 of them with a hydraulic pump sistem and the other using a conventional electric motor sistem. Each Of the two sistems have advantages and disadvantages and the last the chain sistem with an electric motor has a lot of disadvantages not only the electric motors but also the chains. Thus the design of the hydraulic pump replacement of conventional chain sistem so that the dredger can be more effectively and efficiently is necessary in order to bring optimal benefits. There are several steps to design a hydraulic pump that must be carried out, such as get the required data, for example the main data boats, general arrangement, lines plan and midship plan after data collected then do the calculations begin with the calculation of load, force, capacity, head losses and the last available pump power required to open and close sistem of the dredger. After calculation, it can be concluded that the open close sistem dredger TK. ISE II use four actuators with 23 kW of pump power and motor power 29 kW. Used 8 actuators because ballancing factor when distributing force. Keywords: Dredger, Hidraulic Actuator, Hidraulic Pump

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2018 01:56
Last Modified: 24 Aug 2018 01:56
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item View Item