PERHITUNGAN KEBUTUHAN REPLATING PADA KAPAL TB. BAMA SATU DI PT. PERIKANAN NUSANTARA CABANG SURABAYA (PERSERO)

AL BAYYUMI, AHMAD ZAINAL ARIFIN (2021) PERHITUNGAN KEBUTUHAN REPLATING PADA KAPAL TB. BAMA SATU DI PT. PERIKANAN NUSANTARA CABANG SURABAYA (PERSERO). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0218030001 - Ahmad Zainal Arifin Al Bayyumi - Perhitungan Kebutuhan i Replating _i Pada Kapal TB. Bama Satu di PT. Perikanan Nusantara Cabang Surabaya (Persero).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TB. BAMA SATU adalah Tugboat yang biasa di fungsikan untuk menarik kapal tongkang berukuran kecil. Pada kali ini, TB. BAMA SATU melakukan annual docking di PT. Perikanan Nusantara Cabang Surabaya (persero) karena ada beberapa reparasi yang harus dilakukan. Hal ini terjadi karena TB. BAMA SATU menabrak beton/tembok pada saat sandar. Sehingga pelat fender mengalami pecah dan deformasi. Sebelum melakukan reparasi, pihak galangan dan owner harus melakukan perhitungan kebutuhan replating agar biaya dan estimasi waktu pengerjaan dapat sesuai dengan perkiraan. Ada 3 kebutuhan replating yang penting untuk diketahui, yaitu kebutuhan jumlah pelat, kebuuhan jumlah kawat las dan kebutuhan jam orang. Cara agar dapat mengetahui kebutuhan tersebut yaitu dengan mewawancarai pihak galangan seperti kepala bengkel, subcon dan owner kapal. Selain itu, penulis juga menggunakan persamaan yang telah ada sebelumnya unuk mengetahui perhitungan yang sesuai. Di PT. Perikanan Nusantara Cabang Surabaya (persero), TB. BAMA SATU melakukan reparasi dengan menggunakan pelat setebal 10 mm yang beratnya 860,24 kg, kawat las FCAW yang beratnya 5kg/box dan waktu pengerjaan selama 9 hari dengan perincian 8 jam kerja setiap harinya, tidak termasuk hari sabtu atau hari lembur. Beberapa bagian yang diwajibkan oleh syahbandar untuk di reparasi adalah pelat fender yang mengalami deformasi dan ketebalan yang sudah berkurang 20% dari tebal pelat aslinya. Adapun hasil perhitungan estimasi kebutuhan pelat dengan tebal 10 mm adalah 111,72 kg sehingga lembar pelat yang dibutuhkan sebanyak 1 lembar yang memiliki berat 729kg. Total kebutuhan elektroda menurut perhitungan yaitu 6,2938125176 kg atau setara dengan 2 box yang berisi 5kg /box. Lama pengerjaan dan jam orang yang dibutuhkan pada pengelasan pelat fender adalah 9 hari dengan JO adalah 405,0662

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5514/SB-18/2021 Lokasi TA : 319
Uncontrolled Keywords: elektroda, jam orang, Kapal Tugboat, material, replating.
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Manajemen Galangan Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2021 07:21
Last Modified: 23 Dec 2021 07:21
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item