ANALISIS PERBANDINGAN STABILITAS AKIBAT PERUBAHAN BENTUK RUANG MUAT PADA KORAL BARGE BG. M25 – 1303

PRATAMA, EZRANANDA (2021) ANALISIS PERBANDINGAN STABILITAS AKIBAT PERUBAHAN BENTUK RUANG MUAT PADA KORAL BARGE BG. M25 – 1303. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117040037 - Ezrananda Pratama - Analisis Perbandingan Stabilitas Akibat Perubahan Bentuk Ruang Muat pada Koral i Barge _i BG. M25 - 1303.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stabilitas merupakan kemampuan kapal kembali pada posisi semula ketika mengalami keolengan atau kemiringan akibat gaya dari luar maupun dari dalam kapal. Stabilitas menjadi aspek penting dalam perencanaan kapal barge pengangkut batu koral. Bentuk ruang muat pada barge menjadi faktor yang berpengaruh terhadap stabilitas kapal. Perencanaan bentuk ruang muat harus sesuai dengan kebutuhan dan karakter material yang muat. Perencanaan bentuk ruang muat yang tidak sesuai menjadi potensi kapal barge memiliki stabilitas yang buruk hingga akhirnya terguling saat beroperasi. Dalam penelitian ini, akan dianalisis pengaruh modifikasi bentuk ruang muat terhadap stabilitas kapal barge. Proses analisis dilakukan dengan merancang bentuk ruang muat yang diterapkan dan menghitung berat serta titik berat kapal pada semua model ruang muat dalam berbagai kondisi. Analisis perbandingan stabilitas kapal barge mengacu pada standar IMO. Perencanaan perubahan pada bentuk ruang muat kapal barge harus memperhatijkan berbagai aspek, terutama adalah stabilitas kapal yang baik. Dalam hal ini terdapat sebuah kapal barge pengangkut koral dengan 3 model bentuk ruang muat yang berbeda. Pembuatan model dilakukan dengan software AutoCAD dan Maxsurf Modeller. Analisis stabilitas kapal barge menggunakan bantuan software Maxsurf Stability dengan 3 macam loadcase. Berdasarkan perhitungan didapatkan hasil bahwa semua model pada setiap kondisi memenuhi standar IMO. Kondisi kapal barge saat ini menerapkan model bentuk ruang muat III dengan berat kapal kosong (lightship) sebesar 690,80 ton dan titik KG terletak 2,52 m dari baseline kemudian nilai GZ 4,769 meter. Pada loadcase 2 berat kapal sebesar 1940,00 ton dan titik KG terletak 4,02 meter dari baseline kemudian nilai GZ 2,907 meter. Pada loadcase 3 berat kapal sebesar 3190,00 ton dan titik KG terletak 4,78 meter dari baseline kemudian nilai GZ 1,616 meter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5492/DC-17/2021 Lokasi TA : 572
Uncontrolled Keywords: Kapal Barge, Modifikasi, Stabilitas Kapal, Software Maxsurf.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2021 08:33
Last Modified: 22 Dec 2021 08:33
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item