ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI TANK TOP KAPAL TANKER KIMIA AKIBAT DESAIN ULANG BERDASARKAN REGULASI BIRO KLASIFIKASI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

TAMA, RICKEY JOPPE YOGA (2021) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI TANK TOP KAPAL TANKER KIMIA AKIBAT DESAIN ULANG BERDASARKAN REGULASI BIRO KLASIFIKASI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117040019 - Rickey Joppe Yoga Tama - Analisis Kekuatan Konstruksi i Tank Top _i Kapal Tanker Kimia Akibat Desain Ulang Berdasarkan Regulasi Biro Klasifikasi Indonesia Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kapal yang dikenal dengan sebutan kapal 259 merupakan kapal tanker kimia 6.200 dead weight tonnage (DWT) buatan PT. PAL Indonesia. Kapal ini direncanakan akan dilelang dan direparasi pada konstruksi lambungnya. Kapal 259 memiliki kemungkinan berbendera Indonesia dan dioperasikan untuk daerah pelayaran kawasan Indonesia sehingga perlu dilakukan desain ulang berdasarkan regulasi BKI. Dengan dilakukannya desain ulang atau pembaharuan regulasi ini tentunya akan mengakibatkan perubahan pada kekuatan dari konstruksi itu sendiri terutama pada konstruksi tank top-nya karena mengalami pembebanan dari muatan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini konstruksi tank top akan dilakukan desain ulang berdasarkan regulasi BKI serta dilakukan analisa kekuatan pada konstruksi existing design maupun hasil redesign menggunakan metode elemen hingga. Analisa kekuatan dilakukan pada konstruksi tank top dengan pembebanan dari sea water pressure dan dari testing tank pressure yang diperoleh dari perhitungan pada CSR. Hasil tegangan maksimum dari model design existing sebesar 236,65 MPa dan untuk deformasi maksimum sebesar 4,67 mm. Setelah dilakukan redesign berdasarkan regulasi BKI, terdapat 5 komponen dengan ketebalan yang lebih besar, 3 komponen dengan ketebalan yang lebih kecil, dan 3 komponen dengan ketebalan yang sama dibanding dengan existing design. Tegangan maksimum pada model hasil redesign sebesar 249,98 MPa dan untuk deformasi maksimum sebesar 4,83 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: N0. inventaris : 5477/DC-17/2021 Lokasi TA : 557
Uncontrolled Keywords: Tanker Kimia, Tank Top, Metode Elemen Hingga
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:09
Last Modified: 22 Dec 2021 04:09
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item