ANALISIS KEKUATAN CRUCIFORM BOLLARD PADA HARBOUR TUG DENGAN VARIASI PEMBEBANAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

RAHMANA, NINDY CHINDYANA PUTRI (2021) ANALISIS KEKUATAN CRUCIFORM BOLLARD PADA HARBOUR TUG DENGAN VARIASI PEMBEBANAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117040018 - Nindy Chindyana Putri Rahmana - Analisis Kekuatan i Cruciform Bollard _i pada i Harbour Tug _i dengan Variasi Pembebanan Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Cruciform bollard pada kapal Harbour Tug harus dibuat cukup kuat untuk menahan beban kapal. Selain itu, dikarenakan penempatan cruciform bollard terdapat pada atas forecastle deck dimana cruciform bollard akan sering terkena air yang dapat menyebabkan karat dan juga gesekan yang disebabkan oleh tali yang dapat mengikis maka kekuatan pada cruciform bollard tidak maksimal sehingga menjadi cepat rusak. Hal itu juga berkenaan dengan desain cruciform bollard yang tidak tepat, karena dibuat dengan perkiraan. Dari permasalahan tersebut, penulis akan melakukan analisis terhadap kekuatan cruciform bollard menggunakan metode elemen hingga dengan memberikan 5 variasi pembebanan untuk mengetahui nilai tegangan maksimum, defleksi maksimum, serta safety factor dari cruciform bollard. Software pemodelan 3D yang digunakan adalah Autodesk Fusion 360. Dari hasil analisis dengan 5 variasi pembebanan diketahui gaya tarik maksimal yang mampu ditumpu oleh cruciform bollard pada kapal Harbour Tug Transko Pipit adalah muatan pada kondisi beban 110% SWL sebesar 505828,125 N, dan untuk nilai tegangan maksimum adalah 94,24 MPa, sedangkan defleksi maksimum dengan nilai 0,8189 mm, serta nilai safety factor untuk grade A dan AH36 masing-masing adalah 2,494 dan 3,767. Sehingga cruciform bollard pada kapal Harbour Tug Transko Pipit dapat dinyatakan memenuhi batas izin maksimal atau aman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5476/DC-17/2021 Lokasi TA : 556
Uncontrolled Keywords: cruciform bollard, tegangan maksimum, defleksi, safety factor, metode elemen hingga
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:59
Last Modified: 22 Dec 2021 03:59
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item