PERENCANAAN KONSTRUKSI DUDUKAN TURBIN (TURFOUNDATION) PADA REDESAIN PEMBANGKIT LISTRIK TEMAGNET SEBAGAI SISTEM PEMBANGKIT ENERGI TERBARUPADA ACCOMMODATION WORK BARGE (AWB) 100 M

Nugroho, Mochammad Ilham (2021) PERENCANAAN KONSTRUKSI DUDUKAN TURBIN (TURFOUNDATION) PADA REDESAIN PEMBANGKIT LISTRIK TEMAGNET SEBAGAI SISTEM PEMBANGKIT ENERGI TERBARUPADA ACCOMMODATION WORK BARGE (AWB) 100 M. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0118030008 - Mochammad Ilham Nugroho - Perencanaan Konstruksi Dudukan Turbin ( i Turbine Foundation _i ) pada Redesain Pembangkit Listrik Tenaga Magnet sebagai Sistem Pembangkit Energi Terbarukan pada i Accommodation Wor.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Dimasa revolusi industri 4.0, industri kemaritiman mengalami perkembangan dengan sangat pesat. Salah satu hasil dari berkembangnya produk kemaritiman tersebut adalah Accommodation Work Barge. Dalam penelitian ini digunakan Accommodation Work Barge 100 m yang merupakan salah satu rencana dari proyek PT. PAL Indonesia (Persero). Pada penelitian sebelumnya, peneliti telah meneliti redesain pembangkit listrik tenaga magnet yang mana pada penelitian tersebut memperhatikan prinsip non-demagnetisasi dan isolasi. Sistem pembangkit energi tersebut akan disimulasikan untuk diterapkan pada Accommodation Work Barge yang direncanakan. Akibat penerapan tersebut, maka peneliti merencanakan konstruksi pondasi yang sesuai dengan standar Biro Klasifikasi Indonesia. Pembebanan divariasikan menjadi 4 variasi yang didasarkan pada nilai safety factor yaitu 100%, 105%, 110%, dan 120% dari beban murni. Besar beban murni yang direncanakan adalah 0,054 MPa untuk turbin, 0,144 MPa untuk generator dan 0,012 untuk gear box. Diperoleh hasil bahwa pada pondasi turbin memiliki nilai deformasi maksimum pada beban murni, variasi 1, variasi 2, variasi 3 secara berturut-turut 26,28 μm, 27,59 μm, 28,91 μm, dan 31,53 μm sementara tegangan maksimum sebesar 4,76 MPa, 5,00 MPa, 5,24 MPa dan 5,72 MPa dengan faktor keamanan sebesar 39,90, 38,00, 36,27, dan 33,23. Analisis pondasi generator memiliki nilai deformasi maksimum pada beban murni, variasi 1, variasi 2, variasi 3 secara berturut-turut 30,51 μm, 32,03 μm, 33,58 μm, dan 36,62 μm sementara tegangan maksimum sebesar 10,55 MPa, 11,07 MPa, 11,60 MPa, dan 12,65 MPa dengan faktor keamanan sebesar 18,01, 17,16, 16,38, dan 15,02. Analisis pondasi gear box memiliki nilai deformasi maksimum pada beban murni, variasi 1, variasi 2, variasi 3 secara berturut-turut 1,58 μm, 1,66 μm, 1,74 μm, dan 1,91 μm serta tegangan maksimum sebesar 0,70 MPa, 0,74 MPa, 0,77 MPa, dan 0,85 MPa dengan faktor keamanan sebesar 270,08, 257,42, 245,89, dan 224,14.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5442/DC-18/2021 Lokasi TA : 522
Uncontrolled Keywords: Pondasi Turbin, Pondasi Generator, Pondasi Gear Box
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:16
Last Modified: 22 Dec 2021 01:19
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3384

Actions (login required)

View Item View Item