ANALISIS STABILITAS DAN TAHANAN KAPAL TERHADAP PENGGUNAAN FIN UNDERSHIP SEBAGAI PENGGANTI BILGE KEEL PADA KM. SABUK NUSANTARA 92

AINI, ETA NUR (2021) ANALISIS STABILITAS DAN TAHANAN KAPAL TERHADAP PENGGUNAAN FIN UNDERSHIP SEBAGAI PENGGANTI BILGE KEEL PADA KM. SABUK NUSANTARA 92. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0118030001 - Eta Nur Aini - Analisis Stabilitas dan Tahanan Kapal Terhadap Penggunaan i Fin _i i Undership _i sebagai Pengganti i Bilge _i i Keel _i pada KM. Sabuk Nusantara 92.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu faktor keamanan dan kenyamanan yang harus diperhatikan pada kapal penumpang adalah stabilitas kapal. Salah satu cara dalam menambah stabilitas kapal adalah penggunaan bilge keel maupun fin undership. Penggunaan fin undership dinilai sebagai metode yang lebih efisien dibandingkan penggunaan bilge keel karena alat tersebut mampu menyesuaikan gaya yang terjadi pada kapal sehingga titik berat kapal tetap dalam kondisi aman. Tugas akhir ini bertujuan untuk mencari hasil stabilitas dan tahanan kapal serta perbandingan stabilitas dan tahanan kapal KM. Sabuk Nusantara 92 dengan menggunakan bilge keel dan fin undership berdasarkan simulasi pada software maxsurf stability dan maxsurf resistance. Dari perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh nilai lengan pembalik maksimum sebesar 1.0035 meter pada penggunaan fin undership dan 0.9695 meter pada penggunaan bilge keel. Untuk nilai periode oleng pada penggunaan bilge keel diperoleh nilai sebesar 5.618” dan penggunaan fin undership sebesar 5.706”. Untuk nilai tahanan terbesar pada masing-masing penggunaan fin undership dan bilge keel adalah 67.9 kN dan 63.8 kN. Fin undership memiliki nilai lengan pembalik lebih besar dan tahanan lebih besar dengan kondisi stabilitas memenuhi kriteria IMO 1993 A.749 (18) dalam Intact Stability Code Chapter 3.1 dan Chapter 4.9

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5436/DC-18/2021 Lokasi TA : 516
Uncontrolled Keywords: bilge keel, fin undership, stabilitas kapal, tahanan kapal
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 00:57
Last Modified: 22 Dec 2021 00:59
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item