STUDI PENGARUH VARIASI BENTUK WAVE-PIERCING TERHADAP HAMBATAN PADA LAMBUNG HIGH-SPEED CRAFT (HSC) MV. SAINT JOHN PAUL II DENGAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Ridho, Ahmad Hafizh (2020) STUDI PENGARUH VARIASI BENTUK WAVE-PIERCING TERHADAP HAMBATAN PADA LAMBUNG HIGH-SPEED CRAFT (HSC) MV. SAINT JOHN PAUL II DENGAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0316040048 - Ahmad Hafizh Ridho - Studi Pengaruh Variasi Bentuk i Wave-Piercing _i Terhadap Hambatan Pada Lambung i High-Speed Craft _i (HSC) MV. Saint John Paul II Dengan Simulasi i Computational Fluid Dynamics _i (CFD).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Simulasi untuk mengetahui nilai resistance atau hambatan memiliki banyak metode. Simulasi pada towing tank yang membutuhkan biaya besar menyebabkan owner kapal harus mengeluarkan biaya lebih untuk mencari nilai hambatan pada kapal. Computational Fluid Dynamics (CFD) dapat dijadikan opsi lain dalam mencari nilai hambatan. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh yang ditimbulkan oleh variasi bentuk wave-piercing pada kapal cepat katamaran Mv. Saint John Paul II pada kecepatan dinas yang bertujuan untuk mencari total hambatan terkecil. Model awal kapal di peroleh selama melakukan research visiting program TEEP di National Taiwan University. Pemodelan 3D pada variasi jenis wave-piercing ini dilakukan menggunakan software Rhinoceros 6. Analisa untuk mencari nilai hambatan menggunakan pendekatan metode CFD yaitu menggunakan software Orca3D dan SimericsMP+ For Marine. Variasi hanya diterapkan pada bagian wave-piercingnya saja, sehingga diharapkan tidak merubah hilai hidrostatis dan stabilitas model awal yang telah tervalidasi sebelumnya. Berdasarkan hasil simulasi CFD secara transien pada kecepatan 38 knot, didapatkan jenis wave- piercing yang memiliki nilai hambatan paling kecil. Yakni pada model axe bow, yaitu sebesar 1101 kN, diikuti model raked bow, sebesar 1126,35 kN, dan yang terbesar adalah model lambung asli, yakni sebesar 1137,7 kN. Perubahan pada bentuk haluan juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar hingga 0,46848 ton untuk sekali perjalanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Computational Fluid Dynamics, Hambatan, High-Speed Craft, Katamaran, Wave-Piercing
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:46
Last Modified: 25 Aug 2021 02:46
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item View Item