Permadi, Niki Veranda Agil (2020) OPTIMASI PRELIMINER PADA DESAIN PROPELLER WAGENINGEN B-SCREW SERIES DENGAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
0316040036 - Niki Veranda Agil Permadi - Optimasi Preliminer pada Desain i Propeller Wageningen B Screw Series _i dengan Metode i Multi Objective Optimization _i .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sistem propulsi adalah salah satu sistem pada kapal yang memerlukan perhatian lebih khususnya pada desain propeller. Desain propeller akan membawa dampak yang serius terhadap performa kapal karena propeller sangat mempengaruhi kecepatan dinas kapal. Sehingga desain propeller sering menjadi masalah pada sistem propulsi. Seperti masalah pada KCR 60M, dimana kecepatan dinas permintaan owner adalah 28 knot sedangkan pada waktu sea trial kecepatan dinasnya tidak terpenuhi yaitu hanya 27 knot. Selisih kecepatan yang sedikit tersebut berdampak besar bagi perusahaan. Perusahaan akan terkena penalty akibat terlambatnya waktu delivery karena harus menyelesaikan masalah tersebut dalam jangka waktu tertentu dan besarnya biaya penalty mencapai hingga 2.5% perhari dari hari kapal. Disisi lain para designer tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan penelitian terhadap desain propeller yang mampu memberikan performa optimal dikarenakan deadline pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Maka dari itu tidak sedikit dari perusahaan perkapalan memindahkan pekerjaan desain propeller kepada pihak ketiga dengan tujuan memindahkan juga resiko kepada pihak tersebut. Dari permasalahan terebut maka pada tugas akhir ini akan diteliti suatu metode optimasi preliminer pada desain propeller KCR 60M khususnya dengan menggunakan propeller Wageningen B-screw series dengan metode multi objective optimization. The propeller that will be optimized is expected to be able to have maximum value of thrust coefficient (KT) and efficiency (η). The optimization is done to each propeller number start with Z=3 up to Z=6. Populasi didapatkan setelah proses running optimasi. Nilai optimal parameter design dipilih dengan teknik crowding distance. Hasil model optimal untuk masing-masing blade secara berturut-ururt adalah Z=3 (B3-787, B3-314, B3- 560), Z=4 (B4-478, B3-308, B3-428), Z=5 (B5-416, B5-501, B5-476), dan Z=6 (B6-570, B6-727, B6-709. Analisa Computational Fluid Dynamics (CFD) dilakukan untuk mengetahui nilai thrust pada tiap-tiap model propeller. Nilai thrust tertinggi dari model Z=3 adalah172.375 kN dimana nilai ini dihasilkan oleh model B3-787, Z=4 adalah 166.534 kN yang dihasilkan oleh model B4-428, Z=5 adalah 168.796 kN yang dihasilkan oleh model B5-501, dan Z=6 adalah 173.523 kN yang dihasilkan oleh model B6-727.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CFD, efisiensi propeller, koefisien thrust, multi objective optimization, optimasi preliminer, thrust propeller, wageningen B- screw series |
Subjects: | ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 01:08 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 01:08 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3251 |
Actions (login required)
View Item |