ANALISA PERBANDINGAN SAFETY FACTOR DAN FATIGUE LIFE PADA KONSTRUKSI RAMPDOOR

Ardiansyah, Gilang (2020) ANALISA PERBANDINGAN SAFETY FACTOR DAN FATIGUE LIFE PADA KONSTRUKSI RAMPDOOR. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116040036 - Gilang Ardiansyah - Analisa Perbandingan Safety Factor dan Fatigue Life pada Konstruksi Rampdoor.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desain umum pada kapal fery ro-ro biasanya terdapat pintu rampa. Fungsi nya untuk memudahkan proses membongkar dan memuat kendaraan dari dermaga penyebrangan ke kapal. Namun kontruksi dari Rampdoor biasanya berbeda beda tergantung gambar desain ataupun spesifikasi. Sehingga proses buka tutup pintu rampa saat di dermaga memakan waktu cukup lama akibat bentuk sistem dan kontruksi yang digunakan. Bahkan sering terjadi di galangan, uji beban pintu rampa dengan dilewati kendaraan yang disyaratkan tidak dilakukan. Maka perlu ditindak lanjuti dengan analisa kembali menggunakan software metode elemen hingga. Untuk mendukung proses analisa maka direncanakan beban yang akan dimuati. Trailer Combo Chassis yang mempunyai berat maksimal mencapai 32 ton digunakan untuk beban rencana penellitian ini. Beban yang dipakai dibagi dengan tiga variasi kondisi. Kondisi pertama ketika ban depan kendaraan di atas pintu rampa. Kondisi kedua ketika seluruh ban kendaraan di atas pintu rampa. Kondisi ketiga ketika ban belakang di atas pintu rampa. Dengan perhitungan software untuk analisa tegangan maka akan ditemukan nilai Safety Factor (Faktor Keamanan). Sekaligus analisa Fatigue Life (Umur Kelelahan) dapat ditentukan melalui perhitungan software. Penelitian kali ini bertujuan untuk mencari tahu konstruksi rampdoor yang paling efektif digunakan dengan mempertimbangkan kondisi yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai Safety Factor dan Fatigue Life pada rampdoor lurus lebih besar dibandingkan dengan rampdoor lipat. Namun dalam segi fungsi rampdoor lurus tidak direkomendasikan untuk kapal perairan laut lepas dan hanya direkomendasikan pada perairan tenang atau selat pendek saja. Berbeda dengan rampdoor lipat terdapat tambahan konstruksi bow visor sebagai cover pada haluan kapal yang bisa mencegah gelombang air laut yang masuk dan dinilai lebih aman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rampdoor, Safety Factor, Fatigue Life
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2021 05:06
Last Modified: 14 Aug 2021 05:06
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item