Bintari, Intan Lucky (2020) ANALISIS SEAKEEPING PADA TINGKAT OPERABILITAS DAN MOTION SICKNESS INCIDENCE (MSI) PASSENGER FRP BOAT 12 METER DI PERAIRAN BERAU. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
0116040029 - Intan Lucky Bintari - Analisis Seakeeping Pada Tingkat Operabilitas Dan Motion Sickness Incidence (MSI) Passenger FRP Boat 12 Meter di Perairan Berau .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Moda pelayaran menyumbang angka terbesar kecelakaan transportasi yang diinvestigasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sepanjang tahun 2019 salah satu hal yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi disebabkan oleh cuaca buruk. Dari kasus tersebut perlu adanya evaluasi pada proses perancangan dan pengoperasian kapal salah satu aspek penting dengan melakukan analisis tentang seakeeping inilah dimaksudkan untuk mengetahui berapa presentase tingkat operabilitas yang diperoleh sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam penentuan waktu berlayar Pada tugas Akhir ini akan dilakukan analisis untuk mengetahui respons gerak kapal meliputi pembebanan penuh dalam 3 gerakan vertikal yaitu, heaving pitching, dan rolling dengan variasi arah datang gelombang 0°, 90°, dan 180° pada kecepatan dinas. Data variasi tinggi dan periode gelombang pada Perairan Berau berasal dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut Jakarta Tahun 2019 untuk mengetahui batasan tinggi gelombang yang diizinkan pada Passenger FRP boat 12 meter saat beroperasi serta membandingkan tingkat kenyamanan penumpang yang diwakili oleh nilai Motion Sickness Incidence (MSI) yang dididapat diperairan tempat berlayar dengan range nilai MSI yang telah diatur oleh standard ISO-2631/1997. Hasil yang dapat disimpulkan dalam tugas akhir ini yaitu berupa presentase operabilitas kapal berdasarkan kriteria seakeeping menurut Olson 1978 dimana 71.17 % operable dan 28.83 % downtime. Tingkat kenyamanan pada kapal Passenger FRP boat 12 meter diwakili oleh nilai MSI yang telah diatur dan didapatkan nilai Moderate untuk variasi arah datang gelombang 0°, 90° serta Intolerable untuk arah datang gelombang 180°, selain itu juga dapat disimpulkan ketinggian gelombang operasional yang diizinkan dan aman untuk kapal berlayar pada perairan Selat Makassar yaitu 1 meter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motion Sickness Incidence (MSI), Operabilitas, Seakeeping. |
Subjects: | DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 14 Aug 2021 04:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2021 04:38 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3199 |
Actions (login required)
View Item |