STUDI PERANCANGAN KAPAL PENUMPANG PADA KABUPATEN BERAU KALIMANTAN TIMUR UNTUK KEBUTUHAN TRANSPORTASI SUNGAI MASYARAKAT

Haripamudya, Hargo (2020) STUDI PERANCANGAN KAPAL PENUMPANG PADA KABUPATEN BERAU KALIMANTAN TIMUR UNTUK KEBUTUHAN TRANSPORTASI SUNGAI MASYARAKAT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116040012 - Hargo Haripamudya - Studi Perancangan Kapal Penumpang Pada Kabupaten Berau Kalimantan Timur Untuk Kebutuhan Transportasi Sungai Masyarakat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Berau, Kalimantan Timur memiliki sekitar 6 (enam) kecamatan yang dilintasi oleh sungai dan kurangnya sarana transportasi darat seperti akses jalan, dan jembatan yang mengharuskan masyarakat untuk memutar lebih jauh bila harus melalui jalur darat. Kebisaaan masyarakat yang masih menggunakan transportasi sungai, namun tidak adanya sarana transportasi yang layak memaksa masyarakat untuk menumpang nelayan dalam transportasinya. Maka pemerintah Kabupaten Berau meneyediakan dana afirmasi transportasi tahun 2020 untuk di alokasikan pada pembuatan kapal penumpang diperairan sungai Berau. Salah satu manfaat dari penelitian ini adalah terciptanya kapal yang optimal dan nantinya bisa sebagai acuan kapal terbarukan pada perairan Berau, dan pembaruan moda transportasi air dari berbahan kayu menjadi fiberglass. Perancangan ini akan menghasilkan konsep desain dari analisa lokasi perairan sebagai bagian acuan dan batasan dimensi kapal, yang akan disandingkan dengan pendekatan ukuran utama kapal menggunakan metode regresi linear dengan hasil panjang keseluruhan 13 meter, lebar 3 meter, tinggi 1.5 meter, sarat air 0.6 meter, cb 0,379 dengan displacement 7,07 ton. Pada tahap perencanaan rencana umum menggunakan metode puzzle mapping dengan pendekatan dimesi antropometri untuk mendapakan tata letak 22 penumpang, analisa hambatan menggunakan metode Savitsky guna penentuan kapasitas mesin sebesar 2x225 pk dengan kecepatan dinas 25 knots, dan kecepatan maksimum 30 knots untuk menempuh jarak sejauh 57,32 mill dengan estimasi waktu perjalanan selama 2 jam pada kecepatan dinas dan 1 jam 40 menit pada kecepatan penuh. Penghitungan dan rencana konstruksi desain kapal fiber sesuai regulasi BKI FRP 2016 dengan hasil tebal lapisan pada bagian keel 14,36mm, bottom shell 7,88mm, side shell 7,95mm, super structure 6,54mm, dan transom 26,90mm. Analisa kondisi kelayakan stabilitas menggunakan program Maxsurf Stability berdasarkan IMO HSC code 2000 Annex 8, dan mendapatkan hasil pada lima kondisi layak secara regulasi stabilitas. Rancangan anggaran biaya produksi kapal berupa bill of quantity sebesar Rp 1.677.000.000. Dengan begitu studi perancangan ini bisa digunakan sebagai acuan terpadu pengadaan sarana transportasi kapal penumpang perairan Berau, dan juga perairan lainnya di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kapal fiber, kapal penumpang, sungai berau, konstruksi kapal fiber, stabilitas, stabilitas kapal fiber, analisa hambatan, kapasitas mesin.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2021 02:20
Last Modified: 14 Aug 2021 02:20
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item