PRISTINA, YULY (2015) ANALISA PENGARUH MODIFIKASI BENTUK BANGUNAN ATAS TERHADAP STABILITAS KAPAL. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Salah satu analisa teknis yang diisyaratkan pada suatu desain kapal baru adalah analisa stabilitas,guna mengetahui karakteristik sebuah kapal saat berlayar dan bisa menjadi informasi bagi nahkoda kapal.Stabilitas juga bisa sebagai parameter baik buruknya suatu desai kapal.Dalam tugas akhir ini,dilakukan analisa stabilitas pada kapal Tanker dengan modifikasi bentuk bangunan atas dari kapal,berdasarka perubahan jenis material yang akan digunakan untuk bangunan atas dan pengurangan jumlah ABK pada kapal. Proses analisa ini dilakukan dengan pembuatan model bangunan atas baru kapal dengan bantuan software maxsurfe.Kemudian menganalisa perubahan stabilitas dengan hydromax. Dari hasil analisa diketahui bahwa Dari tabel perbandingan Stabilitas Sebelum dan Sesudah di lakukan modifikasi dapat terlihat kalau tidak ada perubahan Stabilitas yang sangat berarti akibat dari perubahan bentuk bangunan atas dan pergantian jenis materian yang digunakan. Dari hasil input criteria Stabilitas loadcas 1 dan loadcas 2 dapat diketahui kapal Tanker ″ MT OLYMPIC FAIT ″ dalam kondisi sebelum maupun sesudah dilakukan modifikasi bangunan atas tetap dalam kondisi Normal,hal itu dapat dilihat dari banyaknya persyaratan dari IMO yang terpenuhi pada tabel 4.6 dan 4.10 . Kata Kunci : Stabilitas,kapal Tanker,Modifikasi bangunan atas. ABSTRACK One of technical analysa hinted at a nautical ship desain is stability analysis,to determine the characteristics of a ship while sailing and could be information for the captains. Stability can also be a parameter to known the good and the bad of ship design. On this thesis,analyzed the stability of the Tanker ship with a modified form of the superstructure,based on changes in the type of material to be used for building up and reducing the number of crew on the ship. This analysis process is by modeling the new superstructure for the ship with the help of maxsurfe software. Then analyzes the changes in the stability with the hydromax. From the analysis it is known that from the comparison on the table of Stability Before and After in doing modifications can be seen if there is no significant change in stability as a result of changes in the form of superstructure and the type material used. From the results of stability criteria loadcas input 1 and 2 can be known loadcas of the Tanker ship "MT OLYMPIC fait" in the condition before and after the modification of the superstructure remains in Normal condition , it can be seen from the many requirements of the IMO which met in table 4.6 and 4:10 Key Word : stability,oil tanker ship,modification,building upon.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 05:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 05:39 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/293 |
Actions (login required)
View Item |