ANALISA PERBANDINGAN PENGGUNAAN SKEG DAN SHAFT BRACKET (V BRACKET) DITINJAU DARI SEGI EKONIMIS DAN MATERIAL PADA KAPAL TONASA LINE XIX

Pamungkas, Danang (2015) ANALISA PERBANDINGAN PENGGUNAAN SKEG DAN SHAFT BRACKET (V BRACKET) DITINJAU DARI SEGI EKONIMIS DAN MATERIAL PADA KAPAL TONASA LINE XIX. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan skeg maupun V bracket pada kapal diharapkan agar kapal memiliki laju yang lebih baik dan dapat mengoptimalkan tenaga mesin serta mempercepat waktu pelayaran. Dalam proses pembahasan ini kami telah melakukan perhitungan jumlah maupun biaya material baik skeg maupun V bracket. Pada pembuatan skeg dibutuhkan plat tebal 9mm = 11 lembar, tebal 12mm = 3 lembar, 14mm = 1 lembar, 15mm = 2 lembar, tebal 20mm = 2 lembar dengan kebutuhan biaya yang mencapai 21.050.162,95 rupiah sedangkan pada pembuatan V bracket hanya dibutuhkan 1 lembar plat yang digunakan sebagai penyangga dari stern tube, yaitu menggunakan plate dengan ketabalan 75mm dengan menggunakan grade “E” dan biaya material yang mencapai 82.783.920,21 rupiah yang dimana harga tersebut hanya mendapat satu lembar plat dengan kelas ABS. Dari hasil diatas maka pembuatan skeg memiliki banyak jenis material yang berbeda – beda sedangkan pada V bracket memiliki biaya yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan pada saat customer membeli plat untuk V bracket ke galangan, mereka harus melakukan pembelian satu lembar plat. kata kunci : skeg, V bracket, plat grade E, ABS The use of skeg and V bracket are expected to make the rate and the engine power of a vessel becoming better. Also those are expected to accelerate time to cruise. In the process of discussion we have done a calculation of the number and the cost materials both skeg and V bracket. To produce skeg is required plate thickness 9mm=11 sheets, 12mm=3 sheets, 14mm=1 sheet, 15mm=2 sheets, 20mm=2 sheets and it costs 21.050.162.95 rupiahs. To produce V bracket is only required sheet of plate which is used as a buffer from the stern tube with a special plate that is using plat steel with a thickness of 75mm using the grade "E" and it costs 82,783,920,21 rupiahs which price just get a sheet of ABS class. From the results above, producing skeg has many different types of materials while producing of V bracket costs more expensive. It is because when the customers buy plat at the shipyard for producing V bracket, they should buy one sheet of plat. Keywords: skeg, v bracket, grade plate E, ABS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:26
Last Modified: 30 Aug 2018 05:26
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item