Haryono, Riky Ryan (2015) PERANCANGAN BCC (BRIDGE CONTROL CONSOLE) PADA KAPAL LPD (LANDING PLATFROM DOCK). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK BCC (Bridge Control Console) dalam bahasa Indonesianya adalah Meja Konsol Pengendali merupakan peralatan utama yang diletakkan pada dek atau ruang yang paling vital pada kapal yang sering disebut dengan wheelhouse atau anjungan. Pada BCC terdapat roda kemudi (steering system), sistem kendali motor induk, peralatan navigasi, peralatan komunikasi, peralatan kontrol lampu, alarm dan monitoring sistem. Secara umum BCC dapat disamakan dengan “dashboard” pada sebuah mobil, dimana peran utamanya sebagai pusat pengendali. Perancangan BCC sendiri tidak dapat mengabaikan regulasi yang telah dibuat oleh badan klasifikasi, dimana di dalamnya terdapat beberapa peraturan yang harus dipenuhi, yaitu aturan ergonomi yang harus mempertimbangkan antropometri manusia, aturan atau kaidah estetika desain yang nantinya akan menentukan tingkat kenyamanan pembacaan konsol oleh kapten kapal. Penempatan peralatan yang baik pada konsol akan berguna untuk menyelaraskan kerja antara manusia dengan sistem kerja (man-machine system), sehingga operator dapat bekerja secara nyaman, efisien dan memperingan beban kerja. Jadi penggunaan BCC pada kapal adalah mutlak diperlukan mengingat pada BCC sendiri adalah pusat kendali kapal yang mengatur integrasi antara peralatan mesin utama, steering gear, radar dan gyrocompass serta perlunya perancangan BCC yang mencakup desain konsol, peletakan peralatan yang terpenting, peralatan yang terpenting adalah Steering System yang akan ditempatkan pada “Center Line Ship” untuk penyelarasan alat Gyrocommpas guna mendapat informasi tentang keseimbangan kapal dan kapal mampu beroperasi dengan kondisi “auto pilot” serta peletakan ECDIS harus sejajar dengan meja gelar peta atau “Chart Table” untuk memudahkan penerimaan informasi secara manual. Kata Kunci : BCC (Bridge Control Console), wheelhouse, steering system, steering gear, gyrocompass, autopilot, antropometri, ergonomi ABSTRACT The BCC (Bridge Control Console) in Indonesian is a console control table, the main equipment that is placed on the deck or in the most vital space on ships often called as the wheelhouse or bridge. At the BCC there is a steering wheel (steering aystem), the main motors Propulsion systems, navigation equipment, communications equipment, light control equipment, alarm and monitoring systems. In general, the BCC can be compared with the dashboard on a car, as a control center. The design of the BCC should follow the regulations that have been made by the classification board, which there are a few rules that must be met, the rules of ergonomics should consider human anthropometrics and aesthetic aspect design that will determine the comfort of reading the console by Captain. Good placement of the equipment on the console will be useful for the conform between humans and systems work (man-machine system), so the operator can work comfortably, efficiently and lighten the workload. So the use of BCC at the Ship is absolutely necessary, considering the BCC itself as the control center of the ship which is governing the integration between the main machinery equipment, steering gear, radar and vessel gyrocompass as well as the need for the design of BCC which includes console design, placement of equipment, most importantly, the equipment importantly Steering System that will be placed at the "Center Line Ship" for the alignment tool Gyrocommpas order to get information about the balance of the ship and the ship is able to operate in conditions of "auto pilot", and laying ECDIS should be aligned with the chart table maps or "Chart table" to facilitate the receipt of information manually Keyword : BCC (Bridge Control Console), wheelhouse, steering system, steering gear, gyrocompass, autopilot antropometri, ergonomi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D3 Teknik Kelistrikan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 03:40 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 03:40 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/272 |
Actions (login required)
View Item |