ANALISA TAHANAN KAPAL DAN ROLLING MOMENT EQUILIBRIUM AKIBAT PENAMBAHAN FINS UNDERSHIP PADA KAPAL OPV DENGAN METODE COMPUTATION FLUID DYNAMIC

Rochmad, Alif Nur (2020) ANALISA TAHANAN KAPAL DAN ROLLING MOMENT EQUILIBRIUM AKIBAT PENAMBAHAN FINS UNDERSHIP PADA KAPAL OPV DENGAN METODE COMPUTATION FLUID DYNAMIC. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117030013 - Alif Nur Rochmad - Analisa Tahanan Kapal dan i Rolling Moment Equilibrium _i Akibat Penambahan i Fins Undership _i pada Kapal OPV dengan Metode i Computation Fluid Dynamic _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Kapal OPV (Offshore Patrol Vessel) merupakan hasil pengembangan teknologi guna mempertahankan wilayah laut. Fins Undership adalah alat berbentuk sirip dan terletak pada bagian bawah lambung kapal. Penggunaan sistem anti-roll (fins) pada kapal mampu mempengaruhi respon gerakan rolling pada kapal. Diharapkan agar pada saat kondisi menembak atau menghindari serangan musuh tetap dalam kondisi stabil dan dalam performa yang baik. Penambahan variasi sirip (fin) pada bagian bawah lambung kapal merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengubah nilai tahanan dan rolling moment yang ditimbulkan dari lambung kapal yang tercelup air. Perhitungan tahanan dan rolling moment kapal dapat dilakukan melalui metode simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan tipe kapal yang akan dipakai adalah Offshore Patrol Vessel (OPV). Jenis variasi sudut fins yang digunakan adalah sudut 30°, 35°, 40°, dan 50°. Sehingga dapat dilakukan perbandingan nilai tahanan dan rolling moment dengan dan tanpa fins undership.Hasil Penelitian dengan penambahan Fins Undership pada bagian bawah lambung memberikan pengaruh pada tahanan dan rolling moment kapal. Hasil simulasi fins dengan tipe NAIAD 525 pada service speed 22,4 knot, sudut 30° memiliki nilai tahanan terkecil dibanding sudut lainnya dengan nilai pada Maxsurf 945,3 kN dan dengan CFD Ansys 933,708 kN. Tetapi nilai daya mesin pada sudut fins 50° memiliki nilai terkecil yaitu 10.892,367 kW. Sedangkan untuk nilai rolling moment, sudut 50° nemiliki nilai rolling moment terkecil dengan nilai 4.191.226,25 N.m pada frekuensi 0,4 rad/s.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CFD, Fin Undership, Kapal OPV, Rolling Moment, Tahanan Kapal
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:59
Last Modified: 28 Jul 2021 02:59
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item