Pengaruh Perbandingan Performance Antara Penggunaan Bahan Bakar Gas dan Bahan Bakar Minyak Beserta Simulasi Combustor dengan Software ANSYS Pada Turbin Gas Dual Fuel PT. PJB Gresik

Kuntadirga, Ajeng Pramudita (2019) Pengaruh Perbandingan Performance Antara Penggunaan Bahan Bakar Gas dan Bahan Bakar Minyak Beserta Simulasi Combustor dengan Software ANSYS Pada Turbin Gas Dual Fuel PT. PJB Gresik. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0315040022 - Ajeng Pramudita Kuntadirga - Pengaruh Perbandingan _i_Performance__i_ Antara Penggunaan Bahan Bakar Gas dan Bahan Bakar Minyak Beserta Simulasi _i_Combustor dengan Software ANSYS Pada Turbin .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu produsen listrik yang memanfaatkan combined cycle yaitu PT. Pembangkitan Jawa-Bali Gresik. Sebelum penghematan energi dicanangkan, bahan bakar minyak menjadi sumber primer bahan bakar pembangkit pengganti bahan bakar gas. PT. PJB Gresik memiliki satu plant Turbin Gas yang dapat menggunakan kedua jenis bahan bakar atau disebut juga dual fuel. Baik penggunaan BBG ataupun BBM pasti akan mempengaruhi sistem PLTGU. Faktor yang terpengaruhi akibat penggunaan bahan bakar yang berbeda antara lain efisiensi, SFC (Specific Fuel Consumption), kadar emisi, dan distribusi temperatur serta fuel velocity di combustor. Hasil pengerjaan Tugas Akhir ini menunjukkan efisiensi Turbin Gas dengan BBG dan BBM selisih 14.77% dengan efisiensi untuk BBG sebesar 39.56% dan efisiensi untuk BBM sebesar 24.783%. Specific Fuel Consumption dengan Bahan Bakar Gas sebanyak 0.21831 kg/kWh dan untuk penggunaan Bahan Bakar Minyak sebanyak 0.354214 kg/kWh dimana selisihnya sebesar 0.135904 kg/kWh. Emisi ketika penggunaan BBG maupun BBM masih di bawah ambang batas standar emisinya masing-masing sehingga berada pada batas aman. Dari hasil simulasi pembakaran dengan penggunaan BBG memiliki temperatur tertinggi 2133.689 o K dengan kecepatan tertinggi dan 11.966 m/s sedangkan untuk BBM temperatur tertingginya sebesar 2105.855 o K dengan kecepatan 11.856 m/s.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4947/D4ME-15/2019 _ Lokasi TA : 556
Uncontrolled Keywords: dual fuel, efisiensi, SFC, emisi, simulasi combustor
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2019 06:06
Last Modified: 21 Jun 2021 08:11
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item