Pengaruh Beban Gerakan Sloshing Pada Dinding Tangki Ruang Muat Kapal Tanker 17500 DWT

Harnowo, Dhitya Agil (2019) Pengaruh Beban Gerakan Sloshing Pada Dinding Tangki Ruang Muat Kapal Tanker 17500 DWT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0315040004 - Dhitya Agil Harnowo - Pengaruh Beban Gerakan _i_Sloshing_i__ Pada Dinding Tangki Ruang Muat Kapal Tanker 17500 DWT.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tangki ruang muat pada kapal tanker yang tidak terisi secara penuh, dapat menyebabkan gerakan sloshing. Sloshing fluida di dalam tangki ruang muat dapat menyebabkan beban pada dinding kontainer dan struktur pendukung tangki , sehingga menyebabkan keletihan pada dinding tangki. Oleh karena perlu dilakukan simulasi gerakan sloshing fluida di dalam tangki ruang muat akibat gerakan kapal yang dipengaruhi oleh frekuensi dan amplitudo gelombang. Gerakan kapal karena pengaruh frekuensi dan amplitudo gelombang akan menimbulkan sloshing fluida sehingga beban tambahan akan diterima oleh dinding tangki ruang muat. Perlakuan untuk meredam gerakan sloshing di dalam tangki perlu dilakukan untuk mengurangi beban tambahan yang diterima oleh dinding tangki ruang muat. Pembuatan model tangki baffle 1, 2, dan 3 dapat mengurangi beban tambahan akibat gerakan sloshing. Pada titik puncak 1(0.128T), rata – rata tekanan ketiga model baffle lebih kecil dari model tangki tanpa baffle. Tekanan model tangki baffle ke 1 dapat menurunkan tekanan 11.55%, model tangki baffle ke 2 0.81%, model tangki ke 3 4.50%. Pada titik puncak 2 (0.367T), model tangki tanpa baffle mendapat nilai rata – rata tekanan pada dinding kapal paling kecil dibanding 3 model tangki baffle. Titik puncak 3 (0.5T), nilai rata – rata model baffle 3 turun 10.50%. Titik puncak 4 (0.7T), nilai tekanan pada model baffle 1 turun 2.25% dan model baffle 3 turun 7%. Pada titik puncak 5 (1T) rata – rata nilai tekanan pada model baffle 2 turun 2.34 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4938/D4ME-15/2019 _ Lokasi TA : 547
Uncontrolled Keywords: model tangki, sloshing, frekuensi, amplitudo, beban tambahan, baffle
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2019 03:47
Last Modified: 24 Jun 2021 08:22
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item