Analisis Perhitungan Manual dan Simulasi Tegangan pada Overhead Crane Double Girder dengan Safety Working Load 10 Ton

Akbar, Fariz (2019) Analisis Perhitungan Manual dan Simulasi Tegangan pada Overhead Crane Double Girder dengan Safety Working Load 10 Ton. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0715040053 - Fariz Akbar - Analisis Perhitungan Manual dan Simulasi Tegangan pada _i_Overhead Crane Double Girder__i_ dengan _i_Safety Working Load__i_ 10 Ton.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Overhead crane double girder merupakan alat yang digunakan oleh kalangan industri untuk mempermudah perpindahan barang sehingga menghemat waktu dan tenaga. Saat ini perusahaan membuat workshop barunya dan membutuhkan overhead crane double girder. Untuk menghemat biaya maka perusahaan membuat sendiri overhead crane double girder tersebut. Drawing yang digunakan untuk membuat overhead crane double girder ini belum ada desain perhitungannya. Karena itu perhitungan desain ini sangat penting untuk mengetahui aman tidaknya crane tersebut digunakan untuk mengangkat beban 10 Ton. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai analisa perhitungan manual dan simulasi pada drawing overhead crane double girder dengan safety working load 10 Ton yang mencakup simulasi dan perhitungan tegangan dan defleksi pada girder dan end carriage serta perhitungan safety factor. Dari analisa didapatkan untuk girder nilai tegangan perhitungan dan simulasi sebesar 68,96 N/mm2 dan 45,202 N/mm2. Untuk end carriage sebesar 45,22 N/mm2 dan 41,15 N/mm2. Nilai tegangan aman karena lebih kecil dari nilai yield strength material sebesar 245 N/mm2, Untuk girder nilai defleksi perhitungan dan simulasi sebesar 20,73 mm dan 21,897 mm. Dan untuk end carriage sebesar 2,23 mm dan 1,97 mm. Defleksi dinyatakan aman karena lebih kecil dari nilai syarat defleksi sebesar 5 mm untuk end carriage dan 32,2 mm untuk girder. Perhitungan safety factor pada girder untuk perhitungan manual dan simulasi didapatkan nilai sebesar 3,55 dan 5,42. Untuk end carriage 5 dan 5,9. Dinyatakan aman karena lebih besar dari safety factor 1,6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No inventaris: 5233/TL-15/2019_Lokasi TA: 376
Uncontrolled Keywords: End carriage, drawing, defleksi, girder, safety factor dan tegangan
Subjects: TPL - Teknik Pengelasan > Pengelasan (Welding)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:59
Last Modified: 26 Jun 2021 03:51
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item