Analisa Perbandingan Jam Orang dan Material Pada Proses Pembangunan Kapal Penumpang Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Barat

Bramastya, Erlangga Pandu (2019) Analisa Perbandingan Jam Orang dan Material Pada Proses Pembangunan Kapal Penumpang Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Barat. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116030022 - Erlangga Pandu Bramastya - Analisa Perbandingan Jam Orang dan Material Pada Proses Pembangunan Kapal Penumpang Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Bar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kapal fiberglass adalah jenis kapal cepat, dan cocok digunakan sebagai kapal yang umumnya berukuran kecil, misalnya kapal Patroli, kapal pribadi, maupun kapal yang dipergunakan sebagai sarana transportasi laut dan sungai. Bobot dari kapal berbahan dasar fiberglass sendiri dinilai cukup ringan namun cukup kuat. Daya penggerak dari kapal fiberglass sendiri umumnya menggunakan mesin tempel. Pada tugas akhir ini, penulis mencoba membandingkan jam orang dan material pada kapal penumpang dinas perhubungan kabupaten jayapura dan dinas perhubungan kabupaten pesisir barat. Penelitian ini menggunakan metode komparatif terhadap dua buah lambung kapal FRP (Fiber Reinforced Platics) yaitu kapal penumang dinas perhubungan kabupaten jayapura dan kapal penumpang dinas perhubungan kabupaten pesisir barat. Langkah-langkah penelitian ini diawali dari pengumpulan data, penghitungan tebal laminasi , perhitungan kebutuhan material, perhitungan jam orang, dan perhitungan biaya pembangunan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada kapal penumpang kabupaten jayapura membutuhkan material 156,84 kg matt 300 g / m 2 , 240,08 kg woven roving 800 g / m 2 , 6,07 kg katalis mepoxe, 606,04 kg resin yucalac 157 BQTN, dan membutuhkan 3000 jam orang, sedangkan pada kapal penumpang kabupaten pesisir barat membutuhkan material 187,59 kg matt 300 g / m 2 , 285,86 kg woven roving 800 g / m 2 , 7,24 kg katalis mepoxe, 723,57 kg resin yucalac 157 BQTN, dan membutuhkan 3300 jam orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4838/D3DC-16/2019 _ Lokasi TA : 482
Uncontrolled Keywords: Material, Jam orang, Biaya produksi, Tebal laminasi, dan Kapal penumpang
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:54
Last Modified: 25 Jun 2021 08:08
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2342

Actions (login required)

View Item View Item