Nugraha, Aditia (2019) Studi Replating Kamar Mesin KM. Kalimas. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
0216030031 - Aditia Nugraha - Study _i_Re-plating__i_ Kamar Mesin KM. Kalimas.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam memperbaiki (repair) kapal terdapadat inspeksi di ruang mesin. Aus maksimum pelat pada lambung kapal adalah 20%-30% dari ketebalan pelat asli. Pemeriksaan ketebalan minimum dilakukan dengan perhitungan standar pada BKI volume 2, jika kurang dari persyaratan dilakukan re-plating. Hasil perhitungan menemukan ketebalan minimum bottom 8,45 mm, keel 10,45 mm, dan ketebalan dinding sea chest 9,8 mm, ada juga ketebalan kritis dari 6,74 mm dan ketebalan minimum 7,24 mm pada lambung kapal. Re-plating di ruang mesin dilakukan pengecekan yang menyebabkan re-plating di ruang mesin. Daerah port side memiliki ketebalan kurang dari standar di lajur A2 gading 6-7, daerah starboard side pada dinding sea chest gading 8-9 dan sea chest gading 9-10 terdapat ketebalan kurang dari standar, dan visual terdapat korosi di lajur A2 gading 5-6 , daerah keel terdapat doubling plate pada gading 6-19 dan lokasi sempit dilakukan penambahan lebar re-plating 400 mm pada starboard side dan port side. Proses Re-plating di ruang mesin memiliki faktor yang menyebabkan misalignment, kesulitan operasional, asap, dan lokasi yang sempit di dasar ruang mesin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No inventaris : 4896/SB-16/2019_Lokasi TA: 312 |
Uncontrolled Keywords: | Perbaikan Kapal, Pergantian Pelat, Kamar Mesin, Ketebalan Pelat. |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 05:22 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 03:26 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2270 |
Actions (login required)
View Item |