Perencanaan Docking KRI. Bima Suci Dan MV. Meratus Borneo Di Graving Dock Irian Pt. Pal Indonesia (Persero)

Azis, Abdul (2019) Perencanaan Docking KRI. Bima Suci Dan MV. Meratus Borneo Di Graving Dock Irian Pt. Pal Indonesia (Persero). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0216030029 - Abdul Azis - Perencanaan _i_Docking__i_ KRI. Bima Suci Dan MV. Meratus Borneo Di _i_Graving Dock__i_ Irian Pt. Pal Indonesia (Persero).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Galangan kapal adalah sebuah tempat yang dibangun untuk memperbaiki dan membuat kapal. PT. PAL Indonesia (Persero) merupakan galangan kapal terbesar di Indonesia. PT. PAL Indonesia (Persero) memiliki fasilitas yang lengkap untuk pembangunan kapal baru, pemeliharaan, dan perbaikan kapal. Salah satu fasilitasnya yaitu dok yang digunakan untuk peluncuran kapal baru dan untuk pengedokan kapal-kapal yang akan melakukan perbaikan. Salah satu fasilitas dok yang dimiliki PT. PAL Indonesia (Persero) adalah graving dock Irian (dok kolam) yang akan digunakan untuk pengedokan kapal KRI. Bima Suci dan MV. Meratus Borneo. Dalam perencanaan pengedokan kapal di graving dock diperlukan datadata gambar kapal yang akan melakukan pengedokan seperti gambar repair list, lines plan, general arrangement, shell expansion, midship section, tank plan, dan weight distribution agar diperoleh hasil yang maksimal. Gambar tersebut digunakan untuk perencanaan docking (docking plan). Hasil perhitungan dari dispasemen kapal KRI. Bima Suci memiliki berat 4452,7 ton pada sarat 5,4 meter membutuhkan sekitar 90 balok ganjal dan dibagi menjadi 62 untuk center block dan 28 untuk side block. Sedangkan untuk kapal MV. Meratus Borneo memiliki displasemen 4212 ton pada sarat 2,2 meter dan membutuhkan sekitar 76 balok ganjal dibagi menjadi 25 point center block dan 60 point side block. Selanjutnya perhitungan luasan graving dock adalah 5883,69 m². Pada pengamatan dilapangan ketinggian air laut di graving dock terbaca 8,8 meter jadi untuk volumenya diketahui 51776,5 m³. Waktu yang dibutuhkan untuk pengurasan graving dock pada ketinggian 8,8 meter adalah ±2 jam 13 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No Inventaris: 4894/SB-16/2019_Lokasi TA: 310
Uncontrolled Keywords: Galangan, Dok Kolam, Perencanaan Doking.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:14
Last Modified: 21 Jun 2021 06:10
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item