Deni, Sukteo (2015) REDESAIN PROPELLER KAPAL TANKER PUTRI ELOK. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pada tugas akhir ini dilakukan redesain propeller pada MT. Putri Elok. Tujuan dilakuan redesain propeller pada MT.Putri Elok adalah untuk mengganti CPP (Controllable Pitch Propeller) dengan FPP (Fixed Pitch Propeller). Redesain propeller tipe ke FPP (Fixed Pitch Propeller) pada MT. Putri Elok dikarenakan keterbatasan refrensi tentang propeller tipe CPP. Pemilihan propeller tipe FPP menggunkan Diagram Wageningen B-Series Propeller. Pada memilihan FPP (Fixed Pitch Propeller) dilakukan perhitungan diameter optimum propeller serta perhitungan nilai kavitasi untuk MT.Putri Elok. Dari FPP terplih dilakukan perhitungan torsi, SHP (Shaft Horse Power) dan BHP (Brake Horse Power). Dari perhitungan dan pemilihan propeller tipe FPP pada B-Serise yang paling efisien untuk kapal MT. Putri Elok adalah propeller tipe B.5.60 yang memiliki diameter 2,96 meter dengan nilai efisiensi paling tinggi yaitu 0,579. Propeller tipe B.5.60 juga dilakukan pengujian kavitasi dan propeller tersebut memenuhi nilai lolos kavitasi. Berdasarkan hasil perhitungan daya BHP (Brake Horse Power) yang paling efisien untuk menggerakan propeller B.5.60 pada kondisi Dinas adalah sebesar 1054,60 kW dengan putaran 175 Rpm dan menghasilkan kecepatan 9,1 Knot. Kata Kunci : Controllable Pitch Propeller, Fixed Pitch Propeller ABSTRAK This final project talking about redesign the MT. Putri Elok propeller. The purpose of the redesign of MT. Putri Elok propeller is to replace the CPP (Controllable Pitch Propeller) with FPP (Fixed Pitch Propeller). Redesign of propeller type to FPP (Fixed Pitch Propeller) on MT. Putri Elok because limited of reference for the CPP propeller type. Selection the FPP propeller type used Wageningen B- Series Propeller Diagram. On selection FPP (Fixed Pitch Propeller) calculated the optimum propeller diameter and value of cavitation for MT. Putri Elok. From FPP was selected, calculated the torque, SHP (Shaft Horse Power) and BHP (Brake Horse Power). From calculation and selection FPP type propeller B-serise the most efficient for ship MT. Putri Elok is a propeller type B.5.60 with diameter 2.96 meters with the highest efficiency value is 0,579. Propeller type B.5.60 also tested the cavitation and this propeller cavitation meet qualifying score. Based on the calculation BHP (Brake Horse Power) the most efficient to drive the propeller B.5.60 at the service condition amounted 1054,60 kW at 175 rpm and produced speeds 9.1 knot. Keywords : Controllable Pitch Propeller, Fixed Pitch Propeller
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 04:09 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 04:09 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/220 |
Actions (login required)
View Item |