PERENCANAAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PENDINGIN DAN VENTILASI PADA KMP SABUK NUSANTARA 45

Mirza Otto Senna, Syailendra (2014) PERENCANAAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PENDINGIN DAN VENTILASI PADA KMP SABUK NUSANTARA 45. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal penumpang SABUK NUSANTARA 45 yang sedang dibuat di galangan PT F1. PERKASA merupakan jenis kapal penumpang perintis yang melayani penyeberangan antar pulau di Indonesia bagian timur. Seperti kapal - kapal lainnya, kapal ini juga dipasang sistem pendingin untuk pengoperasionalnya. Sistem pendingin pada kapal sangatlah penting karena sistem pendingin bertujuan untuk pengkondisian udara pada ruangan di kapal, untuk kenyamanan dan kesehatan penumpang, serta untuk sirkulasi udara. Pada kapal ini memiliki dua ruang penumpang, kedua ruang tersebut akan dirancang system pengondisian udara sentral. Perhitungan beban panas total yang diderita ruangan yang dikondisikan pada tugas akhir kali ini harus sesuai dengan standart yang berlaku, dalam hal ini standart yang digunakan adalah standart ISO 7545 mengenai “Ship and Marine Technology-Air Conditioning and Vantilation Of Accomodation Space-Desain and Basis Of Calculation” dan ASHRAE. Dari proses perhitungan menggunakan standart yang ada dapat diketahui kapasitas cooling load sebesar 31,67 kW. Kapasitas udara yang disuplai 2,575 m 3 /s dengan rincian 1.484 m 3 /s untuk runag penumpang pada main deck dan 1.090 m 3 /s untuk ruang penumpang di under main deck. Dengan COP 3 didapat daya kompressor 33,09 kW dan daya condenser 132,3 kW. Dimensi ducting diambil dengan kecepatan 12 m/s. Kata Kunci: Kapal Penumpang Sabuk Nusantara 45, Ruang Penumpang, Udara suplai, Dimensi ducting. ABSTRACT Passenger ships Sabuk Nusantara 45 being made in the PT F1. Perkasa shipyard is a type of passenger vessel that served pioneers crossing betw een islands in eastern Indonesia. Like a other ships, this vessel also installed a cooling system for operate. The cooling system on the ship is very important because the cooling system intended for air conditioning in the room on the ship, for the health and comfort of passengers, as well as for air circulation. On this ship has 2 passenger space, two spaces will be designed central air conditioning system. Total heat load calculation suffered conditioned room at the end of this time the task should be in accordance with the applicable standard, in this case the standard used is ISO 7545 standard on " Ship and Marine Technology-Air Conditioning and Vantilation Of Accomodation Space-Desain and Basis Of Calculation "and ASHRAE. From the calculation process using the existing standard can be known capacity of 31.67 kW cooling load. Supply air capacity of 2,575 m3 / s to 1,484 m3 details / s for runag passengers on the main deck and 1,090 m3 / s for the space under the main passenger deck. With 3.5 COP ga ined power 33,09 kW compressor and condenser power of 132,3 kW. Ducting dimensions are taken at a speed of 12 m / s. Keywords : Passenger ships Sabuk Nusantara 45, Passenger Space, Air Supply, Dimension ducting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2018 05:25
Last Modified: 21 Aug 2018 05:25
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item