Analisa Konstruksi Pada Modifikasi Penambahan Panjang Backhoe Deck LCB. Brahma Galaxy di PT. DOK Pantai Lamongan

Amrullah, Sandy (2018) Analisa Konstruksi Pada Modifikasi Penambahan Panjang Backhoe Deck LCB. Brahma Galaxy di PT. DOK Pantai Lamongan. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0614040005 - Sandy Amrullah - Analisa Konstruksi Pada Modifikasi Penambahan Panjang Backhoe Deck LCB. Brahma Galaxy di PT. DOK Pantai Lamongan .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Loading Conveyor Barge merupakan salah satu jenis kapal tongkang yang selain berfungsi untuk alat angkut juga berfungsi sebagai tempat produksi batubara di lepas pantai. Barge yang merupakan alat angkut tersebut pada pelaksanaannya mengalami variasi berat dari muatan yang diletakkan pada geladaknya, terutama backhoe deck sebagai dudukan untuk pergerakan backhoe saat dalam keadaan diam maupun saat beroperasi. Backhoe deck pada barge ini rencananya akan dimodifikasi penambahan panjang sehingga dibutuhkan analisa terkait kekuatan strukturnya, mengingat sebagian besar proses bongkar muat batubara berlangsung di backhoe deck, jadi keamanan struktur backhoe deck merupakan hal sangat penting. Pada penelitian ini, akan dicari seberapa besar tegangan yang terjadi pada backhoe deck dengan menggunakan Metode Elemen Hingga sebagai media analisisnya. Dari hasil simulasi dan analisis diketahui besar tegangan maksimal yang terjadi ketika backhoe sedang tidak beroperasi yaitu sebesar 24 Mpa, dan ketika backhoe sedang beroperasi yaitu sebesar 27,43 Mpa. Besar defleksi maksimal ketika backhoe sedang tidak beroperasi yaitu sebesar 60,99 mm, dan ketika backhoe sedang beroperasi yaitu sebesar 68,6 mm. Factor of safety ketika backhoe sedang tidak beroperasi adalah sebesar 9,6 dan ketika backhoe sedang beroperasi adalah sebesar 8,5. Berdasarkan simulasi nilai tegangan maksimal masih dibawah tegangan ijin pada perhitungan manual yaitu 166 Mpa. Nilai defleksi hasil simulasi juga masih dibawah nilai defleksi maksimal yang diijinkan pada perhitungan manual yaitu 70 mm. Nilai factor of safety menurut BKI dapat disimpulkan bahwa konstruksi backhoe deck dinyatakan aman dalam pembebanan ketika backhoe sedang tidak beroperasi maupun ketika backhoe sedang beroperasi karena memenuhi persyaratan safety factor yaitu nilai safety factor harus lebih dari 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4536/TDM-14/2018 _Lokasi TA : 257
Uncontrolled Keywords: Backhoe Deck, Defleksi, MEH (Metode Elemen Hingga), Tegangan,
Subjects: DM - Teknik Desain Manufaktur > Perencanaan, Pengendalian, dan Persediaan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Desain Manufaktur
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:40
Last Modified: 23 Jul 2021 02:22
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item