ANALISIS KEKUATAN JIG SUPPORT SINGLE POINT MOORIN 15.000 DWT PT. PERTAMINA TBBM BALONGAN

Santoso, Ridwan (2018) ANALISIS KEKUATAN JIG SUPPORT SINGLE POINT MOORIN 15.000 DWT PT. PERTAMINA TBBM BALONGAN. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0114040014 - Ridwan Santoso - Analisis Kekuatan Jig Support Single Buoy Mooring 15.000 DWT PT. Pertamina TBBM Balongan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jig Support merupakan salah satu peralatan yang digunakan selama proses docking dan undocking sebuah kapal ataupun benda non kapal lainnya. Fungsi dari jig support adalah sebagai alat yang menyangga beban kapal atau benda non kapal yang akan melakukan proses docking dan undocking di sebuah galangan kapal. Proses desain konstruksi jig support akan menggunakan perhitungan secara teori matematis dan analisis FEM menggunakan software autodesk inventor 2016. Perhitungan dilakukan untuk menentukan tegangan, defleksi, frekuensi dan safety factor yang dihasilkan dari beban Single Point Mooring 15.000 DWT PT. PERTAMINA TBBM Balongan sebesar 453.469 kg. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis menggunakan software maka didapatkan hasil perhitungan tegangan maksimal sebesar 118,961 MPa, defleksi sebesar 3,625 mm, frekuensi sebesar 81,67 Hz dan safety factor sebesar 1,386. Konstruksi jig support aman karena nilai tegangan maksimal yang dihasilkan tidak melebihi tegangan izin berdasarkan kriteria Biro Klasifikasi Indonesia dan niai safety factor memenuhi batasan yang diijinkan. Konstruksi jig support memliki 3 bagian utama yaitu: block frame, pipe support, dan wood block. Block frame memiliki panjang bentang dari block frame sebesar 9,6 m dengan profil WF custom berukuran 730x400x25. Utuk pipe support menggunakan DIN 300 sch. 80. Dan untuk wood block menggunakan ukuran 1200x300x400.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4139/DC-14/2018 Lokasi : 445
Uncontrolled Keywords: Jig Support merupakan salah satu peralatan yang digunakan selama proses docking dan undocking sebuah kapal ataupun benda non kapal lainnya. Fungsi dari jig support adalah sebagai alat yang menyangga beban kapal atau benda non kapal yang akan melakukan proses docking dan undocking di sebuah galangan kapal. Proses desain konstruksi jig support akan menggunakan perhitungan secara teori matematis dan analisis FEM menggunakan software autodesk inventor 2016. Perhitungan dilakukan untuk menentukan tegangan, defleksi, frekuensi dan safety factor yang dihasilkan dari beban Single Point Mooring 15.000 DWT PT. PERTAMINA TBBM Balongan sebesar 453.469 kg. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis menggunakan software maka didapatkan hasil perhitungan tegangan maksimal sebesar 118,961 MPa, defleksi sebesar 3,625 mm, frekuensi sebesar 81,67 Hz dan safety factor sebesar 1,386. Konstruksi jig support aman karena nilai tegangan maksimal yang dihasilkan tidak melebihi tegangan izin berdasarkan kriteria Biro Klasifikasi Indonesia dan niai safety factor memenuhi batasan yang diijinkan. Konstruksi jig support memliki 3 bagian utama yaitu: block frame, pipe support, dan wood block. Block frame memiliki panjang bentang dari block frame sebesar 9,6 m dengan profil WF custom berukuran 730x400x25. Utuk pipe support menggunakan DIN 300 sch. 80. Dan untuk wood block menggunakan ukuran 1200x300x400.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2019 07:59
Last Modified: 22 Jul 2021 04:31
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item