Deny, Widiyatmoko (2014) MAINTENANCE DAN ANALISA KERUSAKAN AUXILIARY ENGINE TYPE MWM TBD 234 V 8 DI KAPAL MERATUS PALEMBANG. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Motor bakar diesel masih memegang peranan penting sebagai tenaga penggerak karena motor disel memiliki performance yang lebih baik,.Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang kerusakan Auxiliary engine type MWM TBD 234 V8Motor(Engine)yang digunakan untuk motor bantu di kapal Meratus sebagai penggerak generator sebagai sumber tenaga listrik diatas kapal.Koponen motor tersebut banyak yang rusak dan putusnya baut pada Coneccting rod. Perlunya melakukan perawatan yang teratur dan penggantian sperpart meskipun masa lifetimenya masih belum habis.untuk mengetahui hasil kekerasan baut connecting rod yang putus dilakukan pengujian Hardness test merupakan pengujian Destructive Test (DT).Proses pengujian Hardness test harus sesuai prosedur yang telah ditentukan.Pengujian Hardness test menggunakan standar dari General Mechanical Properties.Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbandingannya. Dari hasil analisa menunjukan Kelurusan antara motor diesel dengan generator Kapal Meratus tidak sempurna dan sistem pelumasan tidak stabil.hasil dari uji kekerasan baut Connecting rod menunjukan 6 titik pada bagian sisi baut mengalami deformasi meskipun masih masuk dalam standart pengujian. Hasil evaluasi menunjukan semua pengujian sesuai standar penerimaan menurut General Mechanical Properties.Perbaikan dan perawatan yang tidak prosedural berakibat pada membengkaknya biaya overhoul. Kata Kunci : Auxiliary Engine ,Destructive Test, general Mechanical Properties ABSTRACT Motor diesel fuel still play an important role as propulsion for motor diesel has a better performance.This final project report discusses damage Auxiliary engine type MWM TBD 234 V8Motor (Engine) used for auxiliary motors in the Meratus as Activator generator as a source of electric power on board.The motor components are broken and the breakdown in the bolt on Coneccting rod. The need to conduct regular maintenance and replacement of sperpart though the lifetime are still not exha usted. to find out the results of a rod connecting bolt of hardness are done testing the Hardness test is a Destructive Test testing (DT).The process of testing Hardness test must match a predetermined procedure.Testing the Hardness test using standard from General Mechanical Properties. This is done aims to know the comparison. From the results of the analysis show the not straight diesel motor with Boat generators Meratus is not perfect and the lubrication system is not stable. the results of the test force the bolt Connecting rod of 6 points on the side of the bolt deformation experienced though still entered in standard testing. Evaluation results indicate all appropriate standards of acceptance testing according to General Mechanical properties Repair and maintenance. which does not result in a procedural fees overhoul. . Keywords: Auxiliary Engine, Destructive Test, general Mechanical Properties
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 05:05 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 05:05 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/16 |
Actions (login required)
View Item |