ANALISIS STABILITAS KM. X AKIBAT PENAMBAHAN DOUBLE BOTTOM

Nuraini, Avista (2018) ANALISIS STABILITAS KM. X AKIBAT PENAMBAHAN DOUBLE BOTTOM. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0115030014 - Avista Nuraini - Analisis Stabilitas KM. X Akibat Penambahan Double Bottom.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

KM. X adalah Kapal Motor Penyeberangan (KMP) untuk rute penyeberangan Pelabuhan Ketapang (Kabupaten Banyuwangi)-Pelabuhan Gilimanuk (Kabupaten Jembrana) dengan desain kapal masih menggunakan single bottom. Padahal sesuai dengan aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), kapal penumpang harus memiliki tingkat keselamatan yang lebih tinggi dibanding kapal lain khususnya pada daerah bottom karena dapat membahayakan penumpang bila terjadi kebocoran di area bottom. Oleh karena itu, KM. X harus diperbarui konstruksinya dengan menambah double bottom. Hal ini dapat berpengaruh pada berat dan titik berat serta stabilitas kapal sehingga hal ini perlu dianalisis. Standar perhitungan stabilitas kapal menggunakan standar yang ditetapkan oleh International Maritim Organization (IMO). Stabilitas dianalisis setelah kapal ditambahkan double bottom. Proses pengerjaan analisis menggunakan software maxsurf yaitu maxsurf modeller dan maxsurf stability. Hasil analisis stabilitas akibat penambahan double bottom memenuhi kriteria dengan status pass untuk semua variasi kondisi sesuai dengan standar IMO code on Intact stability A.749 (18), Ch 3 - design criteria applicable to all ships dengan nilai GM sebesar 3,44 meter pada kondisi 1, GM sebesar 4,60 meter pada kondisi 2, GM sebesar 6,69 meter pada kondisi 3, GM sebesar 3,49 meter pada kondisi 4, GM sebesar 4,73 meter pada kondisi 5, dan GM sebesar 6,69 meter pada kondisi 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4087/DC-15/2018 Lokasi : 393
Uncontrolled Keywords: Double Bottom, Kapal Motor Penyeberangan, KetapangGilimanuk, Maxsurf, Stabilitas.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:46
Last Modified: 23 Jun 2021 03:09
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item