Putra, Andre Pratama (2017) PEMBUATAN WELDING PROCEDURE PADA BAGIAN UNDERFRAME, SIDEWALL, ENDWALL, DAN ROOF PADA PROYEK “KERETA RAILLINK BANDARA SOETTA”. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK WPS (welding procedure specification) merupakan dokumen penting dalam dunia pengelasan, tanpa itu pengelasan tidak boleh dilakukan. Untuk memperoleh sambungan pengelasan yang berkualitas pada carbody, maka diperlukan WPS untuk dapat mengetahui kualitas dari sambungan pengelasan tersebut. Standar yang akan digunakan AWS D1.6 dengan proses pengelasan GMAW (gas metal arc welding) dan menggunaakan filler ER 309L dan ER 308L, dibedakan dari variable ketebalan material yang nantinya digunakan. Pada filler ER 309L menggunakan SUS 201 ; SUS 304 tebal 3 mm, SUS 201 ; SUS 304 tebal 1 mm sedangkan pada filler ER 308L menggunakan SUS 201 ; SS 400 tebal 3 mm, dan SUS 201 ; SM 490 tebal 3 mm. Prosedure pembuatan WPS untuk material SUS 201 ; SUS 304 tebal 3 mm, SUS 201 ; SUS 304 tebal 1 mm, SUS 201 ; SS 400 tebal 3 mm, dan SUS 201 ; SM 490 tebal 3 mm mengacu pada standar AWS D1.6 berserta seluruh pengujian yang terkait. Ditinjau dari seluruh pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa seluruh pengujian menunjukan hasil yang acceptable, Karena seluruh pengujian memenuhi acceptance criteria dari standar yang digunakan. Didapatkan nilai rata-rata ultimate tensile strength pada material SUS 201 ; SUS 304 tebal 3 mm sebesar 848 N/mm 2 , material SUS 201 ; SUS 304 tebal 1 mm sebesar 631,5 N/mm 2 , spesimen pada material SUS 201 ; SM 490 tebal 3 mm sebesar 501 N/mm 2 , spesimen pada material SUS 201 ; SS 400 tebal 3 mm sebesar 525 N/mm 2 . Pada pengujian bending didapatkan hasil bahwa pengujian menggunakan material SUS 201 ; SUS 304 tebal 3 mm, SUS 201 ; SUS 304 tebal 1 mm, SUS 201 ; SM 490 tebal 3 mm dan SUS 201 ; SS 400 tebal 3 mm tidak terdapat defect pada hasil pengujian bending. Kata Kunci : WPS , Standar, Filler, GMAW, SUS 201, SUS 304, SM 490, SS 400, ER 308L, ER 309L, Tensile, Bending. ABSTRACT WPS (welding procedure specification) is an important welding document, welding process should not be done without WPS. To get a high quality of weld joint on the car body, it needs a WPS to know the quality of those weld joint. The standard used is AWS D1.6 with GMAW (gas metal arc welding) process and filler used are ER 309L and ER 308L, the research will be differentiated by the thickness of material variables that will be used. ER 309L is used for SUS 201; SUS 304 with 3 mm thickness, SUS 201; SUS 304 with 1 mm thickness, while ER 308L is used for SUS 201; SS 400 with 3 mm thickness, and SUS 201; SM 490 with 3 mm thickness. The procedure of WPS making for SUS 201; SUS 304 with 3 mm thickness, SUS 201; SUS 304 with 1 mm thickness, SUS 201; SS 400 with 3 mm thickness, and SUS 201; SM 490 with 3 mm thickness based on AWS D1.6 with all of the tests belong to this research. In terms of the tests, can be concluded that all of the tests coming with the acceptable result. Obtained from the average value ultimate tensile strength of SUS 201; SUS 304 with 3 mm thickness is about 848 N/mm 2 , material SUS 201; SUS 304 1 mm thickness is about 631.5 N/mm 2 , material SUS 201; SM 490 3 mm thickness is about 501 N/mm 2 , SUS 201; SS 400 3 mm thickness is about 525 N/mm 2 . On bending test turns out that the material SUS 201; SUS 304 3 mm thickness, SUS 201; SUS 304 1 mm thickness, SUS 201; SM 490 3 mm thickness and SUS 201; SS 400 3 mm thickness there were no defects found. Keywords: WPS, Filler, GMAW, SUS 201, SUS 304, SM 490, SS 400, ER 308L, ER 309L, Tensile, Bending.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 05:56 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 05:56 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
View Item |