ROHMAT, ROHMAT (2017) PENGARUH HASIL RE FIT-UP WELDING MATERIAL KI-A DENGAN PROSES PENGELASAN FCAW TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dalam konstruksi kapal ada banyak tahap yang harus dilakukan salah satunya adalah tahap pemasangan atau fit-up. Namun dalam tahap pemasangan atau fit-up terdapat beberapa kesalahan pemasangan. Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan dilakukan Refit-up. Refit-up yang biasanya dilakukan di galangan kapal yakni dengan memotong material yang telah tersambung menggunakan blander las. Adanya pemasangan yang berulang kali akan berpengaruh pada sifat mekanik dan struktur mikro. Untuk mencari pengaruh sifat mekanik dilakukan uji tarik, tekuk dan kekerasan. Untuk struktur mikro dilakukan uji metallography pada material KI-A. Pada pengujian mekanik yang telah dilakukan didapatkan nilai tarik rata-rata dari spesimen repair 1x sebesar 442,98 MPa, repair 2x sebesar 453,63 MPa dan repair 3x sebesar 449,29 MPa. Pada uji bending spesimen repair 1x dan 2x dinyatakan accpeted, sedangkan untuk repair 3x terdapat beberapa spesimen yang reject. Hasil uji kekerasan didapatkan bahwa semakin bertambah repair maka nilai kekerasan semakin tinggi, karena heat input semakin tinggi. Untuk pengujian mikro di dapatkan bahwa semakin banyak repair yang dilakukan ukuran butir pada daerah HAZ semakin kecil. Kata Kunci : Refit-up, Sifat Mekanik dan Struktur mikro ABSTRACT In ship construction there are many steps that must be done one of them is the installation stage or fit-up. However, in the installation or fit-up stage there are several installation errors. To overcome this it is necessary to do Refit-up. Refit-ups are usually done at shipyards ie by cutting the material that has been connected using a welding blander. The presence of repeated installations will have an effect on mechanical properties and microstructure. To find the effect of mechanical properties, tensile, bending and hardness tests are performed. For the microstructure, metallography test on KI-A material was performed. In the mechanical test that has been done got the average pull value of the specimens 1x repair of 442.98 MPa, 2x repair of 453.63 MPa and 3x repair amounting to 449.29 MPa. In bending test specimens 1x and 2x repair is accpeted, while for repair 3x there are some specimens that reject. Hardness test results obtained that the more repair the higher the hardness value, because heat input is higher. For micro testing it is found that the more repair the grain size of the HAZ area is getting smaller. Key Word : Refit-up, Mechanical Properties and Micro Structure
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 05:51 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 05:51 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1334 |
Actions (login required)
View Item |