ANALISA PENGARUH THICKNESS, FORCE, DAN CURRENT PADA LAS RESISTANSI SPOT WELDING TERHADAP SHEAR STRENGTH DENGAN METODE TAGUCHI PADA MATERIAL TYPE SUS 304 PADA KONTRUKSI GERBONG KERETA API (CAR BODY)

Harahap, Mohammad Reza (2017) ANALISA PENGARUH THICKNESS, FORCE, DAN CURRENT PADA LAS RESISTANSI SPOT WELDING TERHADAP SHEAR STRENGTH DENGAN METODE TAGUCHI PADA MATERIAL TYPE SUS 304 PADA KONTRUKSI GERBONG KERETA API (CAR BODY). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Spot welding adalah suatu proses penyambungan permanen dimana elektroda terbuat dari bahan tembaga, paduan tembaga atau bahan lain yang lebih keras seperti tungsten. Elektroda yang menekan permukaan pelat yang disambung ditekanan satu sama lain dan pada saat yang sama arus listrik dialirkan sehingga permukaan tersebut menjadi panas dan mencair karena adanya resistansi listrik.Agar plat yang akan disambung tidak sampai bolong sewaktu proses terjadi nya pencairan maka kedua ujung tungsten di beri air pendingin. Metode Taguchi merupakan metodologi dalam bidang teknik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas produk dan proses dalam waktu bersamaan, menekan biaya dan sumber daya menjadi produk. Hasil pengolahan parameter pengelasan yang paling berpengaruh terhadap Shear Strength pada pada proses Spot Welding adalah Thickness sebesar 6.5mm, Force sebesar 900kgf, dan Current sebesar 9.5 kA. Berdasarkan metode taguchi dan Presentase kontribusi dari parameter pengelasan yang memepengaruhi Shear Strength adalah. Thickness sebesar 87,9% , Force sebesar 3.7%, dan Current sebesar 3.2%. Kata Kunci : Spot Welding, Metode Taguchi, parameter Spot Welding. BSTRACT Spot welding is a permanent connection process in which electrodes are made of copper, copper alloys or other harder materials such as tungsten. Electrodes that compress the surface of the attached plate are pressed against each other and at the same time the electric current is flowed so that the surface becomes hot and melts due to electrical resistance. In order for the plate to be joined not to hole during the process of thawing then both ends of tungsten are given Water cooler. To optimize the construction of railway carriage construction it is necessary an optimization method is expected in this work can optimize the quality of production and prosess at the same time. Taguchi method is a methodology in the field of engineering that aims to improve the quality of products and processes at the same time, reduce costs and resources into products. The most influential weld parameter processing results on Shear Strength in Spot Welding process are Thickness of 6.5mm, Force of 900kgf, and Current of 9.5 kA. Based on the taguchi method and the percentage contribution of the welding parameters affecting the Shear Strength is. Thickness of 87.9%, Force of 3.7%, and Current of 3.2%. Keywords: : Spot Welding, Metode Taguchi, parameter Spot Welding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2018 05:44
Last Modified: 05 Oct 2018 05:44
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item