REDESAIN KEMUDI MELETAK MENJADI KEMUDI MENGGANTUNG PADA KAPAL MV. TONASA LINE DI PT. DOK PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO)

Teguh, Nugroho (2015) REDESAIN KEMUDI MELETAK MENJADI KEMUDI MENGGANTUNG PADA KAPAL MV. TONASA LINE DI PT. DOK PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tidak semua kapal dapat berlayar pada daerah-daerah tertentu termasuk berlayar pada perairan yang mempunyai grafik dasar laut yang curam dan dangkal, misal seperti perairan selat dan teluk yang berisiko terjadinya kontak antara bagian dasar laut dengan bagian dari kapal seperti lambung atau kemudi, yang dapat mengakibat kerusakan atau tidak kestabilan operasional. Kemudi kapal sangat berperan penting terhadap arah gerakan kapal, baik itu maju, mundur ataupun bermanuver. Apabila kemudi mengalami kontak dengan bagian dari dasar laut maka kemudi akan mengalami kerusakan atau ketidak stabilan pada kinerja kemudi tersebut dan apabila kemudi mengalami kerusakan selanjutnya akan berdampak pada ketidaksesuaian antara penunjuk manuver pada kapal dengan keadaan real oleh kinerja kemudi bahkan dapat mengakibatkan kerusakan kemudi dan tidak bisa dipergunakan lagi. Maka dari itu pemilihan jenis kemudi sangat perlu dipertimbangkan untuk menunjang kelancaran operasi dari sebuah kapal. Pada kapal bangunan baru MV. Tonasa Line di PT. Dok Perkapalan Surabaya (Persero) ini direncanakan menggunakan dual kemudi berjenis meletak dan penulis akan melakukan redesain menjadi kemudi menggantung. Redesain kemudi ini direncanakan berdasarkan pertimbangan kekuatan konstruksi lambung buritan yang awalnya pada kemudi meletak beban dari kemudi dan instalasinya ditahan oleh poros kemudi dan sepatu kemudi maka kemudi menggantung semua kemudi dan instalasinya hanya ditahan oleh poros kemudi yang memerlukan konstruksi buritan yang lebih kuat. Redesain ini diharapkan untuk mengetahui transisi pemindahan kekuatan dari sepatu kemudi ke poros utama kemudi yang mana lebih menguntungkan kapal karena lebih bebas dan aman apabila digunakan pada perairan dalam ataupun dangkal. Dari redesain ini juga dapat diketahui berapa estimasi biaya fabrikasi yang butuhkan karena adanya reparasi penggantian kemudi meletak menjadi kemudi menggantung. Kata kunci: Redesain, Kemudi, meletak, menggantung dan kapal Not all ships can sail in certain areas including sailing in waters that have a basic chart steep and shallow seas, such as the waters of the straits and bays at risk of contact between the seabed with a part of the ship such as the hull or the rudder, which can be resulted damage or operational stability. Rudder the ship is very important to the direction of movement of the ship, either forward, backwar d or maneuvering. When the rudder is in contact with part of the seabed, the rudder will be damaged or instability on the rudder performance and rudder was damaged when the next will have an impact on the discrepancy between the pointer maneuver on the ship with the real state of rudder performance may even result in damage to the wheel and could not used again. Therefore the choice of rudder type is very necessary to be considered to support the smooth operation of a vessel. In the new building vessel MV. Tonasa Line in PT. Dok Perkapalan Surabaya (Persero) is planned to use the dual rudder manifold sol piece rudder and the author will do a redesign be spade rudder. Redesign the wheel is planned based on consideration of the strength of the stern hull construction tha t was originally on the sol piece rudder the burden of rudder and installation detained by the rudder stock and rudder sol piece then rudder spade all rudder and installation is only retained by the rudder stock that require a more robust construction stern. This redesign is expected to determine the strength of the transition removal of rudder sol piece to the main rudder shaft which is more profitable ships because it is free and safe when used in deep water or shallow. From this redesign can also be known how the estimated cost of fabrication are needed because of the reparation replacement sol piece rudder be sped rudder. Key words: Redesign, rudder, sol piece, spade and ships

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:57
Last Modified: 27 Aug 2018 04:57
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item