ANALISIS DAN PENGUJIAN STABILITAS SAAT KONDISI BERBELOK PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA TIGA SEBAGAI ALAT BANTU TRANSPORTASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Setiawan, Agus (2017) ANALISIS DAN PENGUJIAN STABILITAS SAAT KONDISI BERBELOK PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA TIGA SEBAGAI ALAT BANTU TRANSPORTASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alat transportasi adalah kebutuhan yang cukup penting. Dimana manusia memiliki kebutuhan untuk mobilitas yang cukup tinggi, akan tetapi hal yang harus kita perhatikan adalah masih banyaknya manusia yang berkebutuhan khusus. Salah satunya dengan memodifikasi motor yang dilengkapi dengan roda tiga yang dipakai oleh kaum disabilitas. Untuk menghasilkan kendaraan yang baik harus memenuhi beberapa aspek antara lain kestabilan, kenyamanan, keamanan, dan efesien. Pada penelitian kali ini dilakukan perancangan sebuah konsep kendaraan motor roda tiga, dimana kendaraan ini dirancang berkapasitas dua orang. Penentuan center of gravity dilakukan untuk mendapatkan kendaraan yang stabil, tahan terhadap skid dan guling. Selain itu juga dilakukan analisis stabilitas kendaraan dengan variabel sudut belok roda terhadap berat kendaraan satu penumpang dan dua penumpang. Penelitian dilakukan dengan analisis skid dan guling serta perumusan pada center of gravity, radius ackerman, dan sudut slip, sehingga dapat dikatahui kondisi kendaraan akan mengalami skid dan guling. Dari penelitian pada tugas akhir ini didapatkan karakteristik kestabilan kendaraan, dimana semakin kecil sudut belok roda dan semakin berat beban maka semakin besar kecepatan kendaraan. Pada percobaan kendaraan dengan sudut 43 0 kendaraan terguling, kecepatan rata-rata kendaraan adalah 11,3 km/jam untuk satu penumpang dan 12,33 km/jam untuk dua penumpang, sudut 30 0 dengan kecepatan 13,67 km/jam untuk satu penumpang dan 14 km/jam untuk dua penumpang, sudut 15 0 dengan kecepatan 17,67 km/jam untuk satu penumpang dan 19,33 km/jam untuk dua penumpang. Kata Kunci : Stabilitas, Radius Belok, Roda tiga, Disabilitas, dan Kecepatan Critical Toppling. ABSTRACT Transportation is an important requirement. Where humans have a need for mobility is high enough, but the thing we must note is still a lot of people with special needs. One of them by modifying the motor equipped with a tricycle used by the disability. To produce a good vehicle must meet several aspects such as stability, comfort, safety, and efficient. In this research, the design of a concept of three-wheeled motor vehicle, where the vehicle is designed with a capacity of two people. Determination center of gravity is done to get a vehicle that is stable, resistant to skid and bolsters. In addition, vehicle stability analysis with variable angle of wheels turns to the weight of one passenger vehicle and two passengers. The research was done by skid and roll analysis and formulation of center of gravity, ackerman radius, and slip angle, so that the condition of the vehicle will be skid and bolsters. From the research in this final project, the vehicle stability characteristics, where the smaller the angle of the wheels turn and the greater the load, the greater the speed of the vehicle. In a vehicle trial with an angle of 43 0 the vehicle overturned, the average speed of the vehicle was 11.3 km / h for one passenger and 12.33 km / h for two passengers, angle 30 0 at a speed of 13.67 km /h for one passenger and 14 km / h for two passengers, angle 30 0 with speed of 17,67 km / h for one passenger and 19,33km/h for two passengers. Keywords: Stability, Turn Radius, Critical Toppling Speed, Three Wheel, and Disability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tddm ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:15
Last Modified: 03 Oct 2018 08:15
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item