PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA TIGA SEBAGAI ALAT BANTU TRANSPORTASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Ramadani, Ratna (2017) PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA TIGA SEBAGAI ALAT BANTU TRANSPORTASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sepeda motor roda tiga sebelumnya sudah ada namun saat ini belum ada analisa mengenai sistem pengereman. Ini sangat berbahaya pada keamanan pengguna saat mengurangi kecepatan maupun berhenti secara mendadak. Sistem pengereman kendaraan bermotor roda tiga tersebut masih menggunakan satu cakran pada dua roda yang dimodifikasi tersebut sehingga dapat mengakibatkan selip untuk pengendara. Dalam menganalisa permasalahan diatas menggunakan beberapa tahap penelitian yaitu perhitungan dan perancangan. Perhitungan meliputi rem cakram, rem tromol hingga jarak aman pengereman. Sedangkan perancangan dibantu software CAD (Computer Aided Design) untuk pembuatan gambar. Berdasarkan hasil perancangan dan perencanaan tugas akhir dengan judul perancangan sistem pengereman pada kendaraan bermotor roda tiga sebagai alat bantu transportasi bagi penyandang disabilitas ini dihasilkan sistem pengereman yang aman dengan penambahan rem pada bagian roda yang ada dua, sehingga pengeremannya menjadi seimbang karena percabangan selang aliran hidroliknya menggunakan percabangan T. Didapatkan tekanan hidrolik lebih besar daripada produk sebelumnya yaitu 2.107.149,69 Pa. Dengan kecepatan maksimum 100km/jam sepeda motor tersebut memiliki gaya pengereman 1.182,2031 N. Penggunaan rem ketika kecepatan rata-rata 40 km/jam dengan asumsi 15xrem/jam, kampas rem mampu bertahan selama ±12 bulan. Kata kunci: sepeda motor, sistem pengereman,CAD (Computer Aided Design) ABSTRACT Three-wheeled motorcycle for the previous disability already exists but currently there is no analysis of the braking system. This is very dangerous for riders when reducing speed or stopped. The three-wheel motor braking system still uses one disc on the two modified wheels so that it can lead to slippage for the rider. In analyzing the above problems using several stages of research that is calculation and design. Calculations include disc brakes, tromol brakes and safe distance of braking. While the design assisted CAD (Computer Aided Design) software for image creation. Based on the results of design and planning of the final task with the title design of braking system on three-wheeled vehicles as a means of transportation for people with disability is generated a secure braking system with the addition of brakes on the existing two wheels, so that the brake becomes balanced because the hose branching hydraulic flow using connector T. The hydraulic pressure is greater than the previous product of 2,107,149.69 Pa. With a maximum speed of 100km / h motorcycle has a braking force of 1,182.2031 N. The use of brakes when the average speed of 40 km / h with the assumption of 15x br / hour, brake lining can last for ± 12 months. Keywords: motorcycle, braking system, CAD (Computer Aided Design)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tddm ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:09
Last Modified: 03 Oct 2018 08:09
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item