ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI UNDERFRAME PADA PROTOTYPE LIGHT RAIL TRANSIT (LRT)

Hardianto, Roby Tri (2017) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI UNDERFRAME PADA PROTOTYPE LIGHT RAIL TRANSIT (LRT). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Light Rail Transit (LRT) merupakan contoh kemajuan transportasi darat di bidang kereta api dan LRT merupakan salah satu alternatif moda pengumpan bagi MRT. Demi memenuhi kemajuan transportasi darat di bidang kereta api di Indoneisa, PT. X merencanakan pembuatan prototype LRT sebagai moda pengumpan MRT dan contoh awal untuk pembuatan LRT yang sebenarnya. Konstruksi utama dari LRT ini layaknya kereta pada umumnya, yaitu terletak pada konstruksi underframe. Oleh sebab itu penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kekuatan kontruksi underframe dalam menerima beban yang sudah ditentukan dengan melakukan perhitungan dan analisis software untuk mencari tegangan maksimum, defleksi maksimum dan letak titik kritis. Dimana pembuatan LRT ini masih dalam tahap pengerjaan dan belum di uji kekuatannya. Untuk menganalisis kekuatan konstruksi underframe Prototype LRT, analisis yang dilakukan menggunakan perhitungan manual dalam bentuk lokal/penamapang serta dengan bantuan software ANSYS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tegangan maksimum konstruksi underframe sebesar 211,35 MPa, untuk defleksi yang terjadi pada konstruksi underframe sebesar 85,678 mm dan letak titik kritis pada konstruksi underframe berada pada sambungan antara penampang melintang dan memanjang bagian depan diatas tumpuan. Sehingga dapat dikatakan konstruksi underframe tidak aman karna melebihi tegangan dan defleksi ijin. Kata kunci : Analisis, Konstruksi, LRT, Prototype LRT, Underframe. ABSTRACT Nowadays, LRT is an example of how land transportation system especially train has been finally developed. LRT has also become an alternative modes feeders to MRT. In order to fulfill the desire to grow and stay in touch with land transportation development especially in train, Company X has planned to make a prototype of LRT which can be mode feeders to MRT and considered to be a real LRT in near future. Main construction of this LRT is likely to be the same with usual train that it is located in underframe construction. Therefore, this research is aimed to reveal underframe construction strength when it deals with certain loads. To support this research, software analysis is used to calculate; maximum tension, maximum deflection and locating critical point. In addition to the research, the manufacturing of LRT is remain in progress and strength test is not done yet. The analysis is performed by manual calculations and software based calculation on Finite Element Method. Both actions that aimed to analyze underframe construction strength of LRT Prototype are supported by ANSYS. Results of this research show that maximum tension of underframe construction is 211,35 Mpa, deflection of the construction is 85,678 mm and critical point at the construction is located at a joint above pedestal which connects transversal section to front side of longitudinal section. Thus, underframe construction is unsafe as a consequence of its tension and deflection are above the allowable number. Keywords : Analysis, Construction, LRT, Prototype LRT, Underframe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tddm ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:48
Last Modified: 03 Oct 2018 07:48
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item