PROTOTIPE SISTEM SANDAR KAPAL OTOMATIS DI DERMAGA PELABUHAN BERBASIS MIKROKONTROLER

Silmi, Fahmi Amil (2017) PROTOTIPE SISTEM SANDAR KAPAL OTOMATIS DI DERMAGA PELABUHAN BERBASIS MIKROKONTROLER. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

PROTOTIPE SISTEM SANDAR KAPAL OTOMATIS DI DERMAGA PELABUHAN BERBASIS MIKROKONTROLER ABSTRAK Dermaga merupakan bangunan yang dirancang khusus pada suatu pelabuhan yang digunakan untuk sandar atau merapatkan kapal untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang dan penumpang kapal. Pada proses sandar kapal tidak jarang mengalami kesulitan bahkan sampai terjadi insiden kecelakaan kapal. Mulai dari lambung kapal yang rusak dikarenakan menabrak tepian dermaga sampai kecelakaan antar kapal. Penyebab utama terjadinya insiden kecelakkan laut adalah karena faktor human error. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah sistem kapal yang dapat menuju tempat sandar secara otomatis. Sistem ini menggunakan mikrokontoler dan dilengakapi GPS, ultrasonik dan kompas. Sensor digunakan dalam menetukan gerak kapal menuju ke dermaga. Aktuator berupa rudder dan propeller untuk menggerakkan kapal. Sehingga kapal dapat bergerak secara otomatis menuju koordinat sandar yang ditentukan. Dan dapat menampilkan data- data sensor sehingga dapat mempermudah para awak kapal dalam mengawasi kondisi kapal. Dari hasil penelitian didapatkan hasil berupa error koordinat untuk koordinat 1 sebesar 0.00023352 % untuk latitude dan 0.000024104 % untuk longitude. Untuk koordinat 2 error yang didapatkan sebesar 0.00008792% untuk latitude dan 0.000029068% untuk longitude. Nilai dari pengujian sensor kompas didapatkan sebesar error 0.43%. Penggunaaan sensor kompas pada kapal telah dapat mengarahkan kapal ke lokasi sandar. Kata kunci: Dermaga, , Sandar Kapal, GPS, Kompas, Ultrasonik. . ABSTRACT Wharf is a specially designed building on a port that used the ship to dock or place for the ship to carry out the loading and unloading activities of ship and passenger. On the process of docking ship. In the process of ship docking there are so many experiences of difficulties even to the ship collison accidents. Starting from the damaged hull due to hit the edge of the pier until the accident between ships. The main cause of the occurrence of sea accidents is due to human error. Based on these problems then made a ship system that can go to place off automically. This system using microcontoler and using GPS, ultrasonic and compass. Actuators in the form of rudder and propeller to drive the ship. So the ship can move automatically to the specified coordinate. And can display the sensor data so it can facilitate the crew to monitor the condition of the ship. From the research can be obtained error for firstt coordinate 0.00023352 % for latitude dan 0.000024104 % for longitude. For the second coordinate obtained error data 0.00008792% for latitude and 0.000029068% for longitude. The error result of compass sensor is 0.43 %. The using of compass sensor can give direction for the ship to the docking location. Keyword: Wharf , Docking, GPS, Compas, Ultrasonic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Otomasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:14
Last Modified: 28 Sep 2018 02:14
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item