PERENCANAAN PEMASANGAN BILGE KEEL UNTUK MEMBANTU MENAMBAH STABILITAS KLM. SAMPAJAY

Dian Pramudiati, Amanah (2015) PERENCANAAN PEMASANGAN BILGE KEEL UNTUK MEMBANTU MENAMBAH STABILITAS KLM. SAMPAJAY. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Stabilitas merupakan syarat utama sebuah kapal agar dapat berlayar dengan aman di laut. Stabilitas adalah kemampuan kapal untuk kembali keposisi semula setelah mendapatkan pengaruh gaya -gaya dari dalam maupun luar kapal seperti angin, ombak, arus, gesekan dan sebagainya. Ada beberapa perangkat yang digunakan untuk meningkatkan stabilitas kapal salah satunya yaitu sirip lunas atau biasa disebut bilge keels. Sirip lunas atau disebut juga sebagai bilge keels berfungsi untuk meningkatkan friksi melintang kapal sehingga lebih sulit untuk terbalik. Biasanya digunakan pada kapal dengan bentuk lambung V. Saat ini PT. Pelindo Marine Service bergerak dalam bidang jasa perbaikan dan reparasi kapal baik kapal baja maupun kapal kayu, telah berkont ribusi khusus terhadap perbaikan KLM (Kapal Layar Motor) Sampajay yang mengalami permasalahan sehingga berakibat pada kondisi stabilitas kapal yang terganggu. Oleh sebab itu pada penilitian ini dilakukan analisa perencanaan pemasangan bilge keel untuk membantu menambah stabilitas KLM. Sampajay menggunakan metode merencanakan pemodelan kapal menggunakan aplikasi maxsurfPro dan menghitung stabilitasnya dengan dibantu aplikasi hydromaxPro. Mengingat pentingnya pengaruh stabilitas kapal terhadap keselamatan pelayaran, maka dari penelitian ini diperoleh hasil analisa stabilitas pada dua kondisi yang berbeda yaitu kondisi stabilitas kapal sebelum direncanakan menggunakan perangkat komponen bilge keel dan membandingkannya dengan setelah direncanakan menggunakan komponen bilge keel. Kemudian apabila dengan komponen tambahan bilge keel hasilnya lebih baik, maka diteliti posisi pemasangan yang tepat dengan ukuran yang tepat. Dengan cara menganalisa kriteria kondisi iv bilge keel di tiga tempat yang berbeda dengan masing- masing kriteria luasan area yang berbeda. Dari perbandingan kondisi tersebut dapat diketahui sejauh mana pengaruh tambahan komponen bilge keel terhadap stabilitas KLM. Sampajay menggunakan software maxsurf dan hydromax. Kata kunci : KLM Sampajay, Stabilitas, Bilge Keels, Maxsurf, Hydromax. ABSTRACT Stability is the main requirment to make safety sail at the sea. It ’s the ship’s ability to return into the original position when it’s influenced by forces from in and outside the ship such as windblows, waves, currents, friction etc. There are several devices use to increase the ship’s stability, one called bilge keel. Fin keel or bilge keel increase ship’s transverse friction that make it more difficult to reverse. Usually used on ship with V hull. PT. Pelindo Marine Service as provider on ship’s repair for both steel ships or wood ships, have been contributed specifically to repair KLM (Kapal Layar Motor) Sampajay that have problems so it will disturbing ship’s stability. Therefore, this study analyzed the bilge keel installation planning to help improve stability of KLM. Sampajay use ship model planning method using maxsurfPro application and calculate its stability with hydromaxPro application. To know the right installation position, planned in seven different ship models. Including initial ship hull planning, three other models with the same bilge keel’s length but in different places, and the remaining three models with shorter bilge keel laying at different positions too. So that every each ship’s model can analyze the stability of different ship loadcase conditions. From seven comparative analysis of those stability conditions can be known the result was the largest shaky period value around 13.04 s. So the shaky period value used as a basic reference that additional components bilge keel can be applied to the ship. Besides from this analysis also known the bilge keel area is 9.6 m 2 . Keywords: KLM Sampajay, Stability, Bilge Keels, Maxsurf , Hydromax

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:05
Last Modified: 27 Aug 2018 04:05
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item