Pembuatan Media Edukasi Tur Virtual Pada Kapal Peti Kemas Berbasis Virtual Reality

Koespino, Randy Henryanto (2017) Pembuatan Media Edukasi Tur Virtual Pada Kapal Peti Kemas Berbasis Virtual Reality. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal yang merupakan alat transportasi di laut terbagi menjadi banyak jenis berdasarkan fungsinya. Salah satunya yaitu kapal peti kemas yang digunakan untuk mengirim peti kemas berisi berbagai kebutuhan manusia. Sebuah edukasi pengenalan kapal peti kemas berbasis Virtual Reality (Realitas Maya), merupakan cara baru dalam pemanfaatan teknologi diimbangi dengan edukasi tentang kapal peti kemas. Pembuatan media edukasi tur virtual pada kapal peti kemas berbasis Virtual Reality ini merupakan program aplikasi yang berjalan di komputer, dan akan di proyeksikan secara visual ke ponsel pintar Android secara nirkabel. Dimana ponsel pintar berada di dalam kacamata Virtual Reality. Dengan dibantu rangkaian alat penggerak karakter berbasis Arduino dan Bluetooth HC-05 sebagai masukan dalam program aplikasi Virtual Reality agar pengguna bisa berjalan kaki di dalam dunia virtual. Kemudian ada juga sensor tangan Leap Motion sebagai interaksi pengguna untuk menekan tombol menu antarmuka dengan tangan virtual 3 dimensi dalam program aplikasi Virtual Reality. Dari hasil penelitian ini, didapati program aplikasi dapat berjalan di komputer dengan kinerja yang baik. Waktu muat (loading) scene dan nilai FPS dipengaruhi oleh ukuran masing – masing scene pada perangkat lunak. Proyeksi visual layar komputer ke ponsel pintar Android secara nirkabel Wi-Fi berjalan lancar dan cepat jika jarak komputer dengan ponsel pintar 0 – 80 cm, karena memiliki waktu ping hanya 0 ms – 1 ms. Alat penggerak karakter berbasis Arduino dan Bluetooth HC-05 dapat menggerakkan karakter pada perangkat lunak via Bluetooth dengan jarak antara 20 – 60 cm, dengan waktu ping hanya 9 ms. Sensor tangan Leap Motion dapat menekan tombol menu antarmuka di perangkat lunak dengan melakukan penekanan jika jarak antara tangan virtual 3 dimensi (Leap Motion) dan tombol menu antarmuka (GUI) di perangkat lunak berjarak 0,05 – 0,07 satu sama lain. Kata kunci : virtual reality, kapal peti kemas, tur virtual, media edukasi. ABSTRACT The ship is a sea transportation, and is divided into many types based on its function. One of them is a container vessel that is used to send containers containing various human needs. There is a new way of introducing a container vessel by utilizing technology. That is by using Virtual Reality technology. The making of educational media virtual tour at container ship based Virtual Reality is an application program running on a computer, and will be projected visually into Android smartphones wirelessly. Where smart phones are inside the Virtual Reality goggles. With the help of arduino-based character set and Bluetooth HC-05 as input in the Virtual Reality application program, for users to walk in the virtual world. Then there is also Leap Motion hand sensor as a user interaction, work by press the graphical user interface button with 3-dimensional virtual hand in Virtual Reality application program. From the results of this study, I found that the application program can run on computers with good performance. The loading time of scenes and FPS values is influenced by the size of each scene in the software. The visual projection of computer screens to Android smartphones Wi-Fi wirelessly runs smoothly and quickly if the distance between computers with smart phones 0-80 cm, because it has a ping time of only 0 ms - 1 ms. Arduino-based character drives and Bluetooth HC-05 can move characters on the software via Bluetooth with a distance of between 20-60 cm, with a ping time of only 9 ms. Leap Motion hand sensors can press the graphical user interface (GUI) buttons in the software by pressing if the distance between the 3-dimensional virtual hand (Leap Motion) and the buttons GUI) buttons in the software are 0.05 - 0.07 apart. Keywords: virtual reality, container vessel, virtual tour, educational media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Otomasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2018 04:32
Last Modified: 22 Sep 2018 04:32
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item